Giliran Doni Salmanan, Crazy Rich Bandung Menyusul Crazy Rich Medan Ditahan Bareskrim Polri

By Indonesia Maritime News 09 Mar 2022, 09:32:37 WIB Hukum
Giliran Doni Salmanan, Crazy Rich Bandung   Menyusul Crazy Rich Medan Ditahan Bareskrim Polri

Keterangan Gambar : Doni Salmanan, crazy rich Bandung.Foto: instagram



Indonesiamaritimenews.com( IMN),JAKARTA: Setelah sekitar 13 jam diperiksa dan dicecar 90 pertanyaan, Doni Salmanan yang dijuluki sebagai crazy rich asal Bandung, Jabar, akhirnya ditahan Bareskrim Polri, Rabu (9/3/2022). Ia ditetapkan sebagai tersangka kasus platform binary option Qoutex.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, saat konferensi pers di Bareskrim, Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan penyidik melakukan gelar perkara usai pemeriksaan Doni. "Hasil gelar perkara menetapkan atau meningkatkan status yang bersangkutan dari saksi menjadi tersangka," ungkap Ahmad Ramadhan.

Baca Lainnya :

Alasan polisi menahan Doni karena dikhawatirkan  melarikan diri, mengulangi perbuatan, dan menghilangkan barang bukti. “Sedangkan alasan objektif, ancaman (hukuman) di atas 5 tahun di mana ancaman TPPU 20 tahun," ungkap Ramadhan.

Doni Salmanan Terancam 20 Tahun Penjara

Dalam kasus Quotex, Doni Salmanan dijerat dengan pasal berlapis karena diduga telah melakukan TPPU, penipuan, UU ITE hingga KUHP. Ancaman hukuman terhadap Doni Salmanan adalah 20 tahun penjara.

"Barang bukti yang disita ada HP jenis iPhone 13, akun YouTube King Salmanan, dua akun e-mail yang terkoneksi dengan akun YouTube dan akun Quotex," kata Ramadhan. Barang bukti lainnya yang disita yaitu bundel mutasi rekening, bukti transaksi deposit, serta flashdisk berisi file video yang diunduh dari YouTube King Salmanan.

SUPER KAYA

Pria super kaya atau crazy rich itu ditahan dalam 20 hari kedepan. ‘Sultan’ Bandung yang dikenal dermawan dan suka bagi-bagi uang tersebut dituduh melakukan berbagai pelanggaran hukum antara lain judi online, penyebaran berita bohong lewat media elektronik, penipuan serta money laundring.

Affiliator platform Quotex itu terjerat hukum setelah dilaporkan oleh seorang berinisial RA, korban platform Qoutex, dengan nomor laporan LP: B/0059/II/2022/SPKT/BARESKRIM POLRI pada 3 Februari 2022.

Di dunia maya, nama Doni sudah tidak asing lagi. Youtubers asal Bandung ini dikenal dermawan dan kerap membagi-bagikan uang kepada masyarakat ekonomi lemah. Seperti ketika kondisi pandemi Covid-19 dan PPKM di Bandung, Doni rajin membagikan uang kepada ojek online, sopir angkot, tukang parkir dan lainnya. 

Tak ada yang mengetahui bisnis apa yang dijalankan Doni sesungguhnya. Di Instagram, Doni kerap berpose di atas motor mewah maupun mobil mewah.

Doni bernasib sama dengan crazy rich asal Medan, Sumut, Indra Kenz yang juga ditahan Mabes Polri. Indra ditahan atas tuduhan penipuan berkedok bisnis trading. Dia ditahan sejak 24 Februari atas laporan korban bisnis Binomo.( Arry/Oriz).




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment