Presiden Jokowi Lepas Ekspor Mobil di Pelabuhan Patimban Subang

By Indonesia Maritime News 08 Mar 2022, 16:51:10 WIB Pelabuhan
Presiden Jokowi Lepas Ekspor Mobil   di Pelabuhan Patimban Subang

Keterangan Gambar : Presiden Jokowi didampingi Menhub Budi Karya Sumadi, Mensesneg dan Dubes Jepang usai pelepasan ekspor mobil di Pelabuhan Patimban. Foti:Dok. Sekretariat Presiden


Indonesiamaritimenews.com( IMN),SUBANG: Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pelepasan ekspor mobil di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Selasa (8/3/2022). Presiden mengatakan, tahun ini ekspor mobil dari Pelabuhan Patimbang direncanakan 160 ribu unit.

Dalam acara tersebut hadir Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Mr. Kanasugi Kenji. Di Pelabuhan Patimban sendiri aktivitas ekspor mobil sudah berlangsung sejak Desember 2021. 

Presiden Jokowi mengatakan ia senang ekspor mobil dari Pelabuhan Patimban terus bergerak. "Melihat progres tiga bulan ini kelihatannya bisa naik jadi 180 ribu mobil untuk ekspor ke Filipina, Brunei Darussalam, Jepang dan juga ke Vietnam," kata Jokowi didampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Mensesneg Pratikno dan Dubes Jepang untuk Indonesia, Mr. Kanasugi Kenji. 

Baca Lainnya :

Jokowi mengungkapkan, ke depan ekspor mobil akan dikembangkan ke negara-negara lain. "Sehingga satu bulan dari sini bisa diekspor 15 ribu mobil dan ini akan sangat bagus. Artinya, industri kita meski pandemi bergerak terus, meski pandemi kita tetap ekspor terus," ujarnya.

Presiden berharap ekspor mobil tersebut akan ikut memberikan sumbangan kepada pertumbuhan ekonomi negara, serta juga membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi bertolak ke Pelabuhan Patimban menggunakan helikopter Super Puma TNI AU, dari helipad Monumen Nasional, Jakarta, sekitar pukul 09.40 WIB. Seusai kunjungan ke Pelabuhan Patimban, Jokowi kembali ke Istana Kepresidenan Bogor melalui Pangkalan TNI AU Atang Sandjaja.

Catatan indonesia maritimenews.com, Pelabuhan Patimban mulai melakukan ekspor kendaraan pada 17 Desember 2021. Hingga 8 Maret 2022 ini ekspor kendaraan completely built up (CBU) telah mencapai 24.000 unit.

Menhub Budi Karya Sumadi sebelumnya mengatakan, car terminal di Pelabuhan Patimban telah aktif berjalan selama 3 bulan.  Total kapasitas terminal ini bisa mencapai 218.000 unit kendaraan per tahun baik internasional maupun domestik atau antarpulau.

Budi Karya  menginginkan Pelabuhan Patimban berkolaborasi dengan Pelabuhan Tanjung Priok untuk mendukung kegiatan logistik di Indonesia. Pelabuhan Patimban akan terus dikembangkan hingga mampu menampung sebanyak 7,5 juta TEUs per tahun untuk petikemas dan 600 ribu CBU untuk kendaraan.(Arry/ Oriz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment