Wisata Golf Baru Milik Keluarga Cendana di Lembah Gunung Salak

By Indonesia Maritime News 21 Jun 2024, 09:42:40 WIB Ekspose
Wisata Golf Baru Milik Keluarga Cendana di Lembah Gunung Salak

Keterangan Gambar : Pemandangan dan akses jalan proyek Bumi Nyimas Golf & Resort di Sukamantri, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Foto: propeety of indonesiamaritimenews.com / HS



indonesiamaritimenews.com (IMN), BOGOR:  Kabupaten Bogor akan mendapat suplai baru kawasan wisata golf. Kini sebuah padang golf 18 hole sedang dikebut pembangunannya di kawasan lembah kaki Gunung Salak, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor Jawa Barat.

Bagi para wisatawan dan pecinta alam yang pernah mengunjungi atau berkemah di Bumi Perkemahan Sukamantri,  dipastikan akan mudah menemukan lokasi padang golf ini.

Baca Lainnya :

Maklum, selain lokasinya berdampingan, akses jalan yang digunakan untuk mencapai bumi perkembahan tersebut berada dalam satu jalur dengan jalan yang menuju padang golf yang diberi nama Bumi Nyiomas Golf &  Resort (BNGR)  tersebut. 

Padang golf ini memang bertetangga dengan Bumi Perkemahan Sukamantri di dalam wilayah pengelolaan RPTN Gunung Salak I, Taman Nasional Gunung Halimun Salak,

Informasi yang berhasil dihimpun indonesiamatimenews.com di lapangan, Selasa (19/6) lalu,  didapat keterangan,  BNGR merupakan proyek glamour perpaduan antara padang golf 18 holes dan resort yang dikembangkan oleh  perusahaan yang Keluarga Cendana.

"Yang punya ini (padang golf)  Keluarga Cendana," sahut seorang petugas di depan gerbang masuk BNGR yang sedang mengatur lalulintas kendaraan.

Menurut petugas itu,  proyek padang golf ini baru selesai 3 hole dari 18 hole yang direncanakan. 

Pembangunan BNGR memang tergolong baru.  Satu atau dua tahun lalu tanda-tanda pembangunan proyek ini belum terlihat di lapangan.

Menurut seorang pekerja lainnya, pembangunan padang golf ini baru berlangsung kurang dari setahun lalu atau enam-tujuh bulan berjalan. 

Sejumlah alat berat nampak hilir mudik meratakan tanah. Batu-batu besar diangkat dan dipisahkan dari tanah yang semula merupakan lahan kebun, kolam ikan, kandang sapi,  dan sawah milik Keluarga Cendana.

Proyek ini nampaknya menggunakan air tanah dari hulu untuk mengairi dan menyiram rumput dan tumbuhan di lapangan golf. Airnya jernih dan segar.

Sebelum sampai ke danau buatan,  air ini ditampung pada sebuah kolam lalu dipompa dengan mesin diesel untuk mengairi kawasan lapangan golf.

Menyaksikan pemandangan padang golf yang baru selesai 3 hole dari 18  hole yang direncanakan itu dari ketinggian, nampak indah memesona.  Sepanjang sisinya dipagari oleh pepohonan hutan cemara  yang hijau.

Kontur tanahnya yang berada di lembah dan berbukit-buki alami,  memungkinkan perancang BNGR tidak terlalu banyak membuat keindahan alam artifisial atau tiruan karena tinggal mengikuti kondisi alam yang sudah indah.

Pesona alam ditambah udaranya yang sejuk karena berada pada ketinggian 900-an meter dari permukaan laut, dipastikan akan menarik minat golfer dari dalam negeri dan mancanegara.

Kehadiran Bumi Nyiomas Golf & Resort boleh jadi akan menjadi pesaing baru padang golf yang telah lebih dulu ada di Kabupaten Bogor. Antara lain, Gunung Geulis & Country Club, Rancamaya Golf &  Country Club, Klub Golf Bogor Raya,  Rainbow Hils Golf Club. (Herman Syahara/****)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook