KTT ASEAN di Labuan Bajo, Begini Pengaturan Layanan Pergerakan Transportasi Laut

By Indonesia Maritime News 09 Mei 2023, 09:31:14 WIB Internasional
KTT ASEAN di Labuan Bajo, Begini Pengaturan Layanan Pergerakan Transportasi Laut

Keterangan Gambar : Pelabuhan Marina Labuan Bajo, Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Foto: Kemenhub


Indonesiamaritimenews.com (IMN)JAKARTA: Sektor transportasi laut akan memberikan pelayanan yang maksimal guna mendukung kelancaran penyelenggaraan KTT ASEAN di Labuan Bajo pada 9-11 Mei 2023.

Hal ini diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebelum mendampingi Presiden Joko Widodo mengecek kesiapan lokasi di Pelabuhan Marina, bersama sejumlah menteri kabinet serta kepala daerah setempat, Senin (8/5/2023) sore.

Budi Karya mengungkapkan, sejumlah pengaturan di sektor transportasi laut telah dilakukan. Salah satunya yaitu untuk mengatur pergerakan kapal-kapal di perairan dermaga Marina, serta di sekitar Hotel Meruorah dan Hotel Ayana, yang menjadi salah satu venue dari kegiatan KTT

Baca Lainnya :

ASEAN

Pelabuhan Marina akan menjadi lokasi dari kegiatan para pemimpin ASEAN yang akan melihat matahari terbenam (sunset) melalui kapal Pinisi. Selain itu, di pelabuhan ini akan ada area bazar, hiburan serta fasilitas sepeda bagi para delegasi KTT ASEAN. Menhub Bufi Karya memastikan kondisi pelabuhan sudah tertata dengan baik.


“Perhelatan internasional seperti KTT ASEAN ini memberi pelajaran kepada kami untuk terus mengimprove diri, terutama dalam hal pelayanan dan kebersihan,” ujar Menhub.

DIAPKAN KAPAL PATROLI

Untuk menjaga keamanan perairan dan mengatur pergerakan kapal pinisi maupun kapal klotok (kapal nelayan) yang biasa melintas di area tersebut, Kemenhub telah menyiagakan dua kapal patroli dari Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Perhubungan Laut mulai 5 Mei.hingga 12 Mei.

"⁰Kami akan lakukan pengaturan secara proporsional terhadap kapal-kapal nelayan dan kapal pinisi yang biasa melintas di lokasi tersebut,” ucap Menhub.

Kapal patroli yang diterjunkan adalah Kapal Patroli KPLP KN Chundamani P.116, yang dimiliki oleh Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Perak dan KN Jembio milik Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok. Kapal Patroli tersebut dilengkapi dengan 23 personil masing-masing, yang siap untuk menjaga keamanan dan keamanan di sekitar perairan tersebut.

Selain itu, Kemenhub telah menugaskan PT. Pelni untuk menyiapkan kapal KM. Sinabung berkapasitas 2.000 pax sebagai akomodasi terapung bagi tim pendamping, media nasional dan asing, tim pengamanan, panitia pelaksana, dan tim pendukung lainnya, di Dermaga Pelabuhan Labuan Bajo pada tanggal 6 sd 12 Mei 2023 tanpa dipungut biaya.

Kemenhub juga menyiapkan sarana dan prasarana kepelabuhanan untuk menyambut kapal-kapal yang sandar di Pelabuhan Labuan Bajo seperti Kapal KRI, Kapal Rumah Sakit, kapal Yacht dan lainnya. (Arry/ryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook