Lampung Memang Oke! Viral Jalan Rusak, Tapis dan Pakaian Adat Tampil di Penobatan Raja Charles III

By Indonesia Maritime News 08 Mei 2023, 08:31:47 WIB Internasional
Lampung Memang Oke! Viral Jalan Rusak, Tapis dan Pakaian Adat Tampil di Penobatan Raja Charles III

Keterangan Gambar : Duta Besar Indonesia untuk Inggris, Desra Percaya yang mengangkat citra Lampung ke dunia. Desra dan istrinya.Foto:instagram


Indonesiamaritimenews.com (IMN), LAMPUNG: belakangan ini sedang viral menjadi sorotan publik akibat jalan rusak. Namun warga 'Sang Bumi Rua Jurai' jangan berkecil hati. Karena Lampung juga mendunia berkat kain tapis dan pakaian adat yang tampil pada event penting, penobatan Raja Charles III di Westminster Abbey, London, Inggris.

Adalah Duta Besar Indonesia untuk Inggris, Desra Percaya yang mengangkat citra Lampung ke dunia. Desra dan istrinya, Diana Mawarsari mengenakan pakaian adat Lampung ketika hadir pada acara penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla, Sabtu (6/5/2023).

Dalam instagram resminya, Desra membagikan pengalamannya menghadiri momen langka pelantikan Raja Inggris Britania. Desra memamerkan video dan foto-foto ia mengenakan pakaian adat Lampung ketika menghadiri acara tersebut.

Baca Lainnya :

Desra menuliskan, ia memilih pakaiaan adat Lampung kain 'Jung Darat' yang melambangkan keagungan. "Motif kain ‘Jung Sarat’ melambangkan keagungan. Umumnya dipakai saat acara besar di Lampung. Proses pembuatannya memakan waktu 3,5 bulan, karena menggunakan pewarna dari bahan alami,” tulis Desra.

Desra menyebut, puncak penobatan Charles sebagai Raja Inggris Raya sebagai ‘once in a lifetime event’. 'Rasanya bak mimpi... bisa mengikiti acara kenegaraan dengan para monarki Eropa, Jepang.. Presiden/PM negara sahabat hingga tokoh dunia yang sangat dihormati," sambung Desra dalam unggahannya.

"Prosesi coronation sendiri, terakhir digelar tahun 1953. Jadi bisa dibayangkan ini adalah kesempatan sekali seumur hidup,” tulis Desra. Tradisi coronation ini menurut Desra konon sudah dilakukan sejak 1.000 tahun lamanya. Namun pada penobatan Raja Charles III, ada corak modernitas monarki.

"Mulai dari durasi yang dipersingkat, pembacaan liturgi oleh PM Rishi Sunak yang seorang penganut Hindu, hingga keberagaman latar belakang, agama, dan gender para tokoh masyarakat dan pejabat pemerintahan yang turut andil dalam ritual kali ini,” tulisnya dalam unggahannya.


"Selama dua hari, saya mendapat kesempatan langka sebagai salah satu saksi sejarah mewakili Bapak Presiden @jokowi dalam kegiatan resepsi oleh Raja," tambah lelaki kelahiran Malang, Jawa Timur ini.

Desra mengikuti prosesi acara penobatan Raja Charles III dan jamuan makan siang oleh Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly yang termasuk dalam bagian prosesi penobatan. Acara berkelas dunia ini dimanfaatkan Desra untuk mengenalkan Indonesia lewat pakaian adat. Busana adat Lampung pun menjadi pilihan Desra dan istri untuk tampil di penobatan Raja Charles III.

Warna emas dari tenun Lampung  terlihat mewah dan menyatu dengan kemegahan acara pemahkotaan Raja Charles III. Desra menyebutkan Raja Charles III juga sangat terkenal dengan selera berpakaiannya yang selalu rapi dan keren.

Seperti tidak mau kalah dengan sang Raja yang dihormati rakyat Inggris. London ikut bersolek. "Simbol-simbol kenegaraan yang megah menghiasi sudut kota, demikian juga cindera mata yang sudah banyak dijual. Mudah-mudahan cuaca minggu ini cerah... sehingga atmosfir perayaan bisa maksimal,” tandas Desra.  (Fat/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook