Ini Kronologis Kebakaran NPCT1, KSOP Priok Buat Langkah & Kebijakan Agar Tak Terulang

By Indonesia Maritime News 15 Mei 2024, 09:16:33 WIB News
Ini Kronologis Kebakaran NPCT1, KSOP Priok  Buat Langkah & Kebijakan Agar  Tak Terulang

Keterangan Gambar : Kepala Kantor KSOP Utama Tanjung Priok, M. Takwim Masuku. Foto: property of indonesiamaritimenews.com


Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Kebakaran di NPCT1 sudah dapat diatasi.Pelayanan operasional di Common Gate NPCT -1 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, berangsur normal secara bertahap.

Sistem layanan Common Gate NPCT-1 yang sempat terganggu dapat diatasi .  Pelayanan beroperasi kembali pada siang, Selasa (14/5/2024).

Baca juga :Layanan Operasional di Common Gate NPCT -1 Tanjung Priok Kembali Normal. Ini Penjelasan PT.MTI

Baca Lainnya :

Kepala Kantor KSOP Utama Tanjung Priok, M. Takwim Masuku bersama stakeholder secepatnya melakukan identifikasi masalah, mengevaluasi peristiwa dan mengeluarkan kebijakan baru agar kejadian yang sama tidak terulang lagi.

Menjawab pertanyaan indonesiamaritimenews.com, Takwim menjelaskan gangguan pelayanan yang sempat terjadi dan sudah berhasil ditangani, disebabkan,"System taping auto gate di Common Area yang mengalami gangguan setelah adanya pemadaman listrik sebagai antisipasi adanya kebakaran di terminal NPCT 1.Ketika listrik dinyalakan kembali sistem gate tdk stabil dan down, " jelas Takwim sambil mengucapkan Alhamdulillah semua sudah bisa diatasi, Rabu (15/5/24) di Jakarta.

Lelaki asal Ternate ini kemudian memaparkan
Kronologis kejadian kebakaran sebagai berikut:

Pada pukul 23.30 Wib  terjadi kebakaran pada salah satu petikemas di area NPCT1

Pada pukul 01.01 Wib api berhasil dipadamkan dan dilakukan pendinginan

Pada saat kebakaran, seluruh jaringan listrik di sekitar kejadian dipadamkan, termasuk server yang melayani NPCT1 dan MTI Common Area

Pada pukul 01.30 Wib  server mulai dinyalakan ulang, untuk pelayanan di NPCT1 langsung berjalan normal.

Namun di area MTI Common Gate sistem tidak stabil (on/off). kondisi ini langsung ditangani oleh tim IT di MTI.

Pada pukul 04.00 Wib server di MTI Common Area down.

Pada pukul 10.30 Wib  server di Common Area MTI berhasil running 100%.

Selama server down, pelayanan gate di Common Area MTI dilakukan secara manual

Hasil identifikasi dan evaluasi peristiwa  Kepala Kantor KSOP Utama Tanjung Priok, M. Takwim Masuku membuat langkah-langkah dan kebijakan agar kejadian yang sama tidak terulang lagi.

LANGKAH-LANGKAH KSOP

1. melakukan koordinasi dengan Polres Pelabuhan serta PFSO utk melakukan pengaturan lalu-lintas di sekitar Common Gate MTI.

2. Berkoordinasi dengan Pelindo untuk mengoptimalkan penggunaan buffer area untuk menampung truk-truk yang akan masuk/keluar pelabuhan.

3. Memonitor perkembangan perbaikan server yang melayani Common Gate MTI.

KEBIJAKAN KSOP
Kebijakan  yang dilakukan agar peristiwa serupa tidak terulang adalah sebagai berikut:

1. Memerintahkan kepada setiap terminal untuk menyusun/meningkatkan langkah-langkah mitigasi sebagai bahan acuan untuk antisipasi jika terjadi hal-hal serupa dikemudian hari.

2. Merokemndasikan penambahan backup server/jaringan cadangan untuk antisipasi bila gangguan pada jaringan utama dan pendukung lainnya.(ARRY/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook