Banjir Bandang di Sumbar, TNI AL Terjunkan Satgas Bencana Alam

By Indonesia Maritime News 14 Mei 2024, 17:17:25 WIB News
Banjir Bandang di Sumbar, TNI AL Terjunkan Satgas Bencana Alam

Keterangan Gambar : Satgas Bencana Alam TNI AL terjun ke lokasi banjir bandang di Kabupaten Agam Sumatera Barat untuk membantu warga. Foto: Dispenal



Indonesiamaritimenews.com (IMN),PADANG: TNI Angkatan Laut  dalam hal ini Lantamal ll Padang mengirimkan Tim Satuan Tugas (Satgas) Bencana Alam untuk melaksanakan kegiatan SAR di Lembah Anai Kabupaten Tanah Datar, Senin (13/5/2024).

Sebelumnya pada Sabtu (11/05) di wilayah Sumatera Barat yaitu di Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, dan Kota Padang Panjang telah terjadi banjir bandang lahar dingin dari Gunung Marapi akibat curah hujan yang tinggi.

Baca Lainnya :

Banjir bandang mengakibatkan puluhan warga meninggal dunia, ratusan rumah rusak dan akses jalan terputus. Sejumlah warga juga dilaporkan masih hilang.

Tim Lantamal ll Padang yang tergabung dalam Satgas Bencana Basarnas Kota Padang saat ini melaksanakan SAR di lokasi Batang Anai, sampai ke Muaro Anai yang berada di wilayah Lembah Anai, Tanah Datar.

Tim yang berkekuatan personel 16 orang ini juga membawa perlengkapan seperti kendaraan truk, perahu karet, motor tempel, troli gandeng dan berbagai perlengkapan lain pendukung tim di lapangan.

Komandan Pangkalan Utama TNI AL Danlantamal II, Laksamana Pertama TNI Syufenri menyampaikan bahwa Tim SAR Lantamal II Padang ini telah disiapkan sejak jauh hari. Tim siap digerakkan sewaktu-waktu untuk mengantisipasi apabila terjadi bencana seperti yang yang terjadi saat ini di wilayah Sumbar.

"Kita harus peduli terhadap kondisi masyarakat sekitar, sehingga keberadaan kita di tengah masyarakat dapat dirasakan dalam konsep positif," ujarnya.

Dalam berbagai kesempatan, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh jajaran untuk senantiasa meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, serta kehadiran TNI AL diharapkan dapat membantu permasalahan masyarakat yang sedang dihadapi. (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook