37 Nama Nakes DKI Jakarta Korban COVID-29, Diabadikan di Prasasti JPO Pinisi

By Indonesia Maritime News 11 Mar 2022, 14:13:00 WIB Teknologi
37 Nama Nakes DKI Jakarta Korban COVID-29, Diabadikan di Prasasti JPO Pinisi

Keterangan Gambar : Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan JPO-JPS Pinisi dan prasasti 37 nakes korban COVID-19. Foto:ist


Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA: Pandemi COVID-19 banyak menelan korban jiwa, termasuk tenaga kesehatan (nakes) baik di Jakarta maupun daerah lainnya. Mereka adalah pahlawan kesehatan yang gugur saat menangani COVID-19 di Ibukota.

Sebagai penghormatan dan penghargaan, 37 nakes DKI yang gugur akibat COVID-19 namanya diabadikan di prasasti JPO (Jembatan Penyeberangan Orang) 'Pinisi' di Karet, Jl. Sudirman, Jakarta Pusat. Para nakes tersebut wafat selama periode 2020-2021.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan nama-nama mereka dipasang sebagai bentuk penghargaan atas jasa dalam penanganan pandemi COVID-19. 

Baca Lainnya :

"37 (nama) ini adalah tenaga medis di bawah Dinkes DKI yang wafat selama penanganan pandemi," kata Anies Baswedan saat meresmikan Jembatan Pinisi di Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (10/3/2022).

Nama-nama 37 nakes di bawah Dinkes DKI itu dipajang di tangga kedua sebelum memasuki area anjungan pandang. Dikatakan Anies, nantinya akan ditambahkan pula nama-nama tenaga medis yang wafat di Jakarta tetapi bukan berada di dalam jajaran Dinkes DKI Jakarta. 

"Nama mereka dipatri permanen di tempat ini sebagai bentuk penghargaan," kata Anies. Mantan Mendikbud ini berharap, jembatan itu bukan hanya untuk penyeberangan pejalan kaki dan pesepeda, tapi memberikan pengalaman baru bagi masyarakat. 

"Pengalamannya mudah-mudahan bisa menjadi satu keunikan yang bisa mereka bagikan kepada keluarga, kepada kolega, tetangga dan teman lainnya," kata Anies.

REVITALISASI

Catatan indonesiamaritimenews.com, revitalisasi JPO Karet tersebut sempat menuai polemik. Rencana revitalisasi JPO pertama kali diumumkan Dinas Bina Marga DKI Jakarta lewat akun Facebook resminya pada 29 Januari 2021.

Dinas Bina Marga menilai, enangan kepada jasa-jasa nakes yang gugur menangani pandemi COVID-19 akan diejawantahkan dalam galeri di JPO. Kepala Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan, jembatan tersebut direvitalisasi karena rusak parah dan sangat memprihatinkan. 

Namun Ketua Komisi D DPRD DKI Fraksi PDIP, Ida Mahmudah, tidak setuju. Dia menilai tak masuk akal revitalisasi JPO untuk mengenang nakes.  Revitalisasi tetap dilakukan oleh Pemprov DKI pada April 2021 dan selesai pada Januari 2022. Jembatan ini dibuat ikonik berbentuk Kapal Pinisi

Jembatan ini bukan hanya sebagai jembatan penyeberangan orang (JPO), tapi juga jembatan penyeberangan sepeda (JPS). Kamis (10/3/2022) JPO-JPS ini diresmikan oleh Gubernur DKI Anies Baswedan. ( Arry/ Oriz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment