Jadi Kepala Otorita IKN, Ini Sosok Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe

By Indonesia Maritime News 11 Mar 2022, 09:30:04 WIB Nasional
 Jadi Kepala Otorita IKN, Ini Sosok Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe

Keterangan Gambar : Presiden Joko Widodo dan Wapres KH Ma'ruf Amin memberi ucapan selamat kepada Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe. Foto: Biro Pers Setneg


Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA: Presiden Joko Widodo secara resmi telah melantik  Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Sedangkan Dhony Rahajoe dilantik sebagai sebagai Wakil Kepala Otorita IKN.

Pelantikan diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (10/3/2022). "Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturan dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," ujar Bambang dan Dhony mengikuti ucapan Presiden Jokowi saat pengambilan sumpah.

PROFIL BAMBANG DAN DHONY

Bambang Susantono bukanlah orang baru di pemerintahan. Ia sempat menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan pada Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2010-2014 di era Presiden SBY. Pria kelahiran 4 November 1963 ini adalah lulusan Teknik Sipil ITB (Institut Teknologi Bandung) dan meraih gelar master di  Universitas California, Berkeley pada 1996.

Bambang dikenal berpengalaman di bidang perencanaan dan pembangunan infrastruktur. Berikut perjalanan kariernya:
 
Kariernya diawali dengan bekerja di Departemen Pekerjaan Umum. Bambang juga pernah menjabat sebagai Deputi Menko Perekonomian bagian Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah pada 2007-2010.

Bambang menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan pada Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2010-2014. Dia juga pernah menduduki posisi Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI). Bambang juga pernah menjabat sebagai Vice President East Asia Society of Transportation Studies (EASTS).

Selepas tak lagi menjadi Wakil Menteri Perhubungan, ia menjabat sebagai Vice President Asian Development Bank (ADB). Tugasnya, menjalankan pembangunan berkelanjutan dan perubahan iklim hingga riset ekonomi serta kerjasama regional.

Tugas-tugas Bambang di ADB antara lain mengawasi pengembangan publikasi dan laporan unggulan ADB tentang indikator pembangunan Asia, outlook pembangunan Asia dan indikator ekonomi.

KARIER DHONY

Selain melantik Bambang sebagai Kepala Otorita IKN, Presiden juga melantik Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN. Dhony adalah Managing Director President Office Sinar Mas Land yang membangun BSD City.


Bahkan Presiden Jokowi juga pernah melakukan kunjungan kerja ke BSD City pada 24 Desember 2021 lalu. Presiden tertarik dengan penerapan konsep green district, green building, dan green office serta mall tanpa dinding The Breeze yang berada di kawasan BSD Green Office Park.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pada 31 Desember 2021 lalu berkunjung langsung ke BSD City dalam melakukan studi banding. BSD City menjadi percontohan dalam membangun IKN Nusantara. *
[08.07, 11/3/2022] Pam/cari Bahan: Presiden Joko Widodo dan Wapres KH Ma'ruf Amin memberi ucapan selamat kepada Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe. (Arry/Oriz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment