Sopir Bus AKAP Banyak Darah Tinggi, Ini Penyebabnya

By Indonesia Maritime News 29 Mar 2022, 21:58:20 WIB Perhubungan
Sopir Bus AKAP Banyak Darah Tinggi,   Ini Penyebabnya

Keterangan Gambar : Suasana di Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Foto: ist


Indonesiamaritimenews.com ( IMN), JAKARTA: Sopir bus AKAP banyak yang mengidap penyakit, salah satunya darah tinggi. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan ia kerap menemukan kasus-kasus tersebut.

Budi Karya meminta operator bus, dinas perhubungan daerah, dan Badan Pengelola Transportasi Daerah (BPTD) memperhatikan kesehatan para pengemudi dan kernet bus antar-kota antar provinsi (AKAP). 

Menhub mengatakan ia menemukan sejumlah sopir bus di Terminal.Kampung Rambutan menghadapi isu kesehatan akibat pekerjaannya. "Mereka darah tinggi karena kehidupannya memaksa mereka melakukan kegitan sehari-hari. Ini bahaya. Saya instruksikan ke Dishub dan BPTD untuk care terhadap kesehatan mereka,” ujar Budi Karya.

Baca Lainnya :

Hal ini disampaikannya dalam rapat koordinasi teknis perhubungan darat yang digelar di Jakarta, Selasa (29/3 2022).

Menhub  juga menyatakan kondisi kesehatan sopir bus berpengaruh terhadap keamanan dan keselamatan penumpang. Dalam sektor transportasi, keamanan merupakan key performance indicator (KPI) utama yang harus dipenuhi oleh operator.

Karena itu, menurut Budi, perlu ada dokter atau petugas kesehatan yang berjaga di sekitar terminal utama penumpang. Tujuannya untuk memeriksa kesehatan para awak bus. Pengecekan kesehatan mendesak menjelang periode angkutan mudik Lebaran.( ( Arry/ Oriz)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment