Siap-siap, Tahun Depan Beli Gas 3 Kg Wajib Pakai KTP, Ini Alasan Pertamina

By Indonesia Maritime News 20 Des 2022, 23:13:10 WIB Ekonomi
Siap-siap, Tahun Depan Beli Gas 3 Kg   Wajib Pakai KTP, Ini Alasan Pertamina

Keterangan Gambar : Foto:. dok. Pertamina



Indonesiamaritimenews.com ( IMN), JAKARTA: Mulai tahun 2023, warga yang mau membeli gas elpiji 3 Kg wajib membawa KTP. Uji coba kebijakan tersebut telah dilakukan di 5 kecamatan di wilayah Tangerang (Banten), Semarang (Jateng), Batam (Riau), dan Mataram (NTB). 

Uji coba tersebut berlangsung di pangkalan resmi Pertamina untuk pembelian gas 3 Kg. Aturan ini akan dilakukan bertahap di seluruh Indonesia mulai 2023.

Baca Lainnya :

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menjelaskan, alasan penggunaan KTP bagi pembelian gas 3 Kg tujuannya untuk mensinkronkan dengan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

Menurut dia, Nantinya, data P3KE akan diinput ke dalam web Subsidi Tepat milik Pertamina. Masyarakat tidak perlu mendownload aplikasi ataupun QR Code. Membeli (LPG 3 kg) seperti biasa, cukup tunjukkan KTP-nya. 

Proses tersebut memang butuh waktu dan sosialisasi ke masyarakat. Namun, menurut Irto hal tersebut dilakukan agar subsidi bisa benar-benar tepat sasaran.

"Bila datanya sudah ada dalam P3KE, nanti pada saat pembelian hanya mencocokkan saja. Bila memang belum terdaftar, maka datanya akan diupdate dalam sistem," kata Irto.

Menurutnya, selama ini proses uji coba pendataan yang berlangsung masih menggunakan pencatatan manual, dibantu dengan log book di masing-masing pangkalan. Harapannya, proses digitalisasi data pembelian bisa cepat rampung.

Seperti diketahui, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan pemerintah akan akan menguji coba pembatasan pembelian LPG 3 Kg secara nasional mulai 2023. Pemerintah akan menggunakan data P3KE untuk diintegrasikan ke aplikasi MyPertamina secara bertahap. (Fat/ Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment