Siap-siap, Pertamax Bakal Naik Rp16.000 Diprediksi Mulai Besok

By Indonesia Maritime News 31 Mar 2022, 09:10:10 WIB Bisnis
Siap-siap, Pertamax Bakal Naik Rp16.000 Diprediksi Mulai Besok

Keterangan Gambar : Ilusttrasi pengisian BBM di SPBU.Foto: indonesiamaritimenews.com


Inďonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA: Pengguna BBM jenis Pertamax harus siap-siap merogoh kocek lebih dalam. Pemerintah  bakal menaikkan harga Pertamax dengan harga kisaran Rp16.000 per liter. Diprediksi, kenaikan harga berlaku mulai besok Jumat (1/3/2022).

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta maaf jika nantinya ada penyesuaian harga untuk BBM RON 92 atau Pertamax. Menurut Erick, pemerintah telah mengambil kebijakan untuk menetapkan BBM RON 90 atau Pertalite sebagai Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP). 

"Pemerintah sudah putuskan Pertalite jadikan subsidi, Pertamax tidak. Jadi kalau Pertamax naik ya mohon maaf," kata Erick saat memberikan sambutan dalam Kuliah Umum Universitas Hasanuddin, Rabu (30/3), di Makasar.

Baca Lainnya :

Dengan kebijakan ini maka Pertalite menjadi BBM yang mendapatkan subsidi pemerintah.

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga mengungkapkan, sudah saatnya Pertamina menyesuaikan harga jual Pertamax menyusul disparitas harga yang terjadi.

"Sudah saatnya juga Pertamina untuk mengembalikan harganya, ya ngak jauh-jauhlah dari harga keekonomian. Walaupun tidak di harga-harga ekonomi tersebut tapi tidak boleh terlalu jauh juga (di bawah)," ujar Arya dalam keterangannya.

Konsumsi Pertamax menurut Arya mencapai 13% dari konsumsi BBM nasional. Pertamax juga sejatinya dikonsumsi oleh kelompok masyarakat kelas atas. Jika merujuk pada keterangan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), harga keekonomian Pertamax kini telah mencapai Rp16.000 per liter atau jauh melebihi harga jual Pertamina yang Rp9.000 per liter.

Arya menjelaskan, konsumsi Pertamax mencapai 13% dari konsumsi BBM nasional. Selain itu, Pertamax juga sejatinya dikonsumsi oleh kelompok masyarakat kelas atas. Pantauan indonesiamaritimenews.com, harga Pertamax yang dijual di SPBU berkisar dari harga Rp 9000 hingga Rp9.400 per liter. (Arry/ Oriz).




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment