Pelindo Gaet Dubai Tanam Rp 6 T di Pelabuhan Belawan, Erick Thohir: Perkuat Ekosistem Logistik

By Indonesia Maritime News 24 Jun 2023, 09:34:46 WIB BUMN
Pelindo Gaet Dubai Tanam Rp 6 T di Pelabuhan Belawan, Erick Thohir: Perkuat Ekosistem Logistik

Keterangan Gambar : Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: instagram Erick Thohir


Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo resmi menandatangani  kerja sama investasi dan pengoperasian (KSO) terminal baru kontainer Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara. BUMN di bidang kepelabuhanan itu menggandeng DP World perusahaan asal Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Menteri BUMN Erick Thohir yang hadir dalam acara penandatanganan KSO tersebut mengatakan, rantai pasok (supply chain) logistik di Indonesia hingga kini masih terdistrupsi. Kondisi ini makin parah ketika pandemi Covid-19.

"Yang namanya supply chain menjadi disrupsi terbesar saat Covid-19 dan untuk ke depannya. Jadi, ini penting kami pemerintah dan BUMN terus mendorong, kolaborasi pembangunan ekosistem dari pelabuhan, bandara, sampai kereta api," kata Erick dalam acara tersebut di Jakarta, Jumat (23/6/2023).

Baca Lainnya :

Dia mengatakan kerja sama ini dilakukan guna memperkuat eksosistem logistik yang menjadi salah satu masalah terbesar pada perekonomian Indonesia. 

Menurut Erick, bila isu pembangunan ekosistem logistik tidak dapat diatasi, maka Indonesia akan tertinggal jauh dari negara besar lain di dunia. NKRI adalah negara kepulauan sehingga perlu infrastruktur yang mumpuni untuk mendukung pergerakan logistik.

"Ini kita akan tentu last competition karena yang namanya logistik itu menjadi bagian terbesar yang kita hadapi dan sangat tantangan ke depan. Apalagi kita negara kepulauan yang 17.000 pulau. Nah karena itu kami di BUMN terus mendorong yang namanya konektivitas," urai Erick.

Dia berharap kerja sama ini bisa segera dimulai dan dibangun dan dalam kurun waktu 3 bukan atau 6  bulan sudah terealisasi. "Jadi momentum percepatan ekonomi harus terjadi. Pengembangan kerja sama ini 6 bulan lah, atau 3 bulan", tandas Erick. Dia mendorong BUMN untuk bisa menggaet investor asing.

INVESTASI Rp 6 TRILIUN

Acara tersebut jugabdihadiri Dirut Pelindo Arif Suhartono, Dirut INA Ridha Wirakusumah, Chairman and CEO DP World Sultan Ahmed Bin Sulayem. 

Arif mengatakan kerja sama antara Pelindo, Indonesia Investment Authority (INA), dan DP World, adalah untuk operasi terminal kontainer Pelabuhan Belawan selama 30 tahun plus 20 tahun. Sementara kapasitas pengembangan yang direncanakan hingga 1,4 juta Teus.
"Investasi sekitar US$ 400 juta (Rp 6 triliun)," kata Arif.

Menurut Arif, kehadiran DP World nantinya akan menarik kargo internasional langsung ke Belawan tanpa mampir dulu ke negara tetangga. 

Sementara itu Dirut INA, Ridha Wirakusumah berharap teknologi DP Word dalam pengembangan pelabuhan.
"Yang kami harapkan dari DP World adalah teknologi yang tak kalah penting adalah pengembangan infrastruktur pelabuhan, dan  menarik traffic dari luar negeri. Ngapain kita lempar ke negara tetangga, yang mau masuk ke Indonesia langsung ke sini saja," tandas Ridha Wirakusumah.
(Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook