KM Dewi Noor I Bawa Bahan Bangunan Tenggelam di Pulau Seribu, 1 Penumpang Tewas, 3 Hilang

By Indonesia Maritime News 19 Agu 2023, 21:13:36 WIB Sekitar Kita
KM Dewi Noor I Bawa Bahan Bangunan Tenggelam di Pulau Seribu, 1 Penumpang Tewas, 3 Hilang

Keterangan Gambar : Tim SAR mengevakuasi korban KM Dewi Noor I. Foto: SAR Jakarta


Indonesiamaritimenews.com (IMN), KEPULAUAN SERIBU - Kecelakaan laut terjadi di Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Sabtu (19/8/2023) dini hari. Sebuah kapal mengangkut bahan material bangunan, tenggelam. Satu orang meninggal dunia, 3 lainnya hilang, dan 11 orang selamat.

Kecelakaan laut yang menimpa KM Dewi Noor I terjadi sekitar pukul 04.00 WIB di kordinat 5°54'371"S - 106°42'100"E, antara Timur Pulau Untung Jawa dan Pulau Pari saat kapal.dalam perjalanan menuju Pulau Sepa.

Kepala Kantor SAR Jakarta, Fazzli kepada wartawan  menjelaskan kapal KM Dewi Noor I membawa 15 orang, berangkat dari Pantai Mutiara  menuju Pulau Sepa (Kepulauan Seribu) pukul 01.00 WIB dini hari.

Baca Lainnya :

"Kapal mengalami kecelakaan hingga akhirnya tenggelam di antara Perairan Pulau Untung Jawa dan Pulau Pari," kata Fazzli kepada wartawan.

Sebanyak 12 orang berhasil dievakuasi oleh Tim SAR gabungan menggunakan Kapal Patroli milik PolAir serta TB Mitra Jaya 21 yang melintas di sekitar lokasi kejadian.

"Personel kami dari Kantor SAR Jakarta  bergabung dengan unsur yang sudah ada di lokasi untuk melakukan pencarian terhadap 3 orang yang belum ditemukan," jelas Fazzli yang menjadi SAR Mission Coordinator dalam operasi tersebut.

Adapun unsur SAR gabungan yang terlibat yakni Kantor SAR Jakarta, Polda Metro Jaya, Ditpolair Korpolairud Baharkam, dan tugboat TB Mitra Jaya 21.

Dalam evakuasi  tersebut, 11 orang dalam kondisi selamat sedangkan satu orang lainnya meninggal dunia. Korban yang luka maupun meninggal dunia dibawa ke RS Polri Kramat Jati.

Berikut nama-nama korban yang selamat: Wahyu (39), Wahyudi (40), Darto Bin Amadisa (43), Parman (49), Jaka Nugraha (38), Satori (39), Rianto (17), Tajudin (45), Zaenal (47), dan Suryana (72).

Korban yang mengalami luka-luka: Jayadi (ditanganj di RS Polri Kramat Jati). Korban meninggal dunia: Aan (47) dievakuasi ke RS Polri Kramat Jati.

Tiga korban yang hilang: Nedin, Rebek dan seorang lagi belum diketahui identitasnya. Sedangkan penyebab kecelakaan masih diselidiki. Sisuga kapal tersebut mengalami kebocoran.(RIZ/Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook