Nyaris Tenggelam, Kapal Pembawa Sembako dievakuasi Prajurit Posal Paloh

By Indonesia Maritime News 20 Jul 2023, 16:58:36 WIB Sekitar Kita
Nyaris Tenggelam, Kapal Pembawa Sembako dievakuasi Prajurit Posal Paloh

Keterangan Gambar : Prajurit TNI AL mengaevakusi awak kapal yang nyaris tenggelam di perairan Paloh. Foto: Dispenal


Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA: Kapal pengangkut sembako, KM Serasan Market 5 GT terombang-ambing di laut dan mengalami kecocoran akibat dihantam ombak besar. Nakhoda dan ABK selamat setelah dievakuasi oleh Prajurit Pos Angkatan Laut (Posal) Paloh yang dipimpin oleh Letda Laut (P) Walno bersama masyarakat, Kamis (20/7/2023).

KM. Serasan Market GT 5 mengalami mati mesin di perairan laut Paloh Kalimantan Barat. Kapal tersebut berlayar pada Rabu (29/7/2023) malam dari Mentibar Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas dengan muatan sembako dengan tujuan ke Pulau Serasan.

Dalam pelayarannya, kapal diterjang ombak tinggi dan angin kencang sehingga air masuk ke ruang mesin. Akibatnya mesin tidak dapat beroperasi.

Baca Lainnya :

Nakhoda kapal, Karjuadi beserta ABK membuang semua muatan ke laut dan menguras air di ruang mesin agar kapal tidak tenggelam. Mereka juga menghubungi keagenan di Serasan.

Menerima kabar tersebut, Posal Paloh menerjunkan tim SAR dipimpin oleh Letda Laut (P) Walno. Bersama masyarakat tim menuju lokasi kejadian dan berhasil mengevakuasi ABK beserta KM. Serasan Market. Kapal tersebut dievakuasi dengan cara ditarik.

Proses evakuasi berjalan lancar tanpa adanya korban jiwa dan para ABK serta KM Serasan Market selanjutnya dibawa ke Dermaga Laut Merbau Desa Sebubus Kecamatan Paloh. Diperkirakan kerugian yang dialami kapal tersebut mencapai ratusan juta rupiah. (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook