Hadapi Libur Nataru 2022-2023, Begini Persiapan Pelabuhan Belawan

By Indonesia Maritime News 22 Nov 2022, 13:54:52 WIB Pelabuhan
Hadapi Libur Nataru 2022-2023, Begini Persiapan Pelabuhan Belawan

Keterangan Gambar : Persiapan Pelabuhan Belawan hadapi libur Nataru 2022 dan Tahun Baru 2023. Doto: ist


Indonesiamaritimenews.com ( IMN),MEDAN: Persiapan pengamanan transportasi laut jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara, mulai dilakukan. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, melakukan uji coba integrasi antarmoda.

 Plt Kepala Syahbandar Utama Belawan, Capt. Bharto Ari Raharjo dalam keterangan tertulis menyebutkan, Belawan merupakan salah satu tempat tujuan teramai di wilayah Barat Indonesia dalam perayaan Nataru. Kenaikan jumlah pemudik dapat mencapai 200 hingga 300% dibanding hari biasa.

 Menurut Capt. Bharto, awal bulan ini telah dilakukan kolaborasi BUMN perhubungan antarmoda antara Pelni, Pelindo dan Damri. “Layanan dari kapal langsung antara lain ke Binjai, Medan, Tebing Tinggi hingga Siantar PP dengan menggunakan layanan bus Damri,” kata Bharto dikutip Selasa (22/22/2022).

Baca Lainnya :

 Ke depannya diharapkan kereta api melalui KAI Divre I juga dapat berkolaborasi setelah memenuhi standar operasional penumpang. Sehingga Pelabuhan Belawan akan menjadi pelabuhan pertama yang terhubung dengan angkutan bus Damri dan Stasiun Kereta Belawan melalui JPU (Jembatan Penyeberangan Umum).

 Diungkapkannya, dalam rangka mengantisipasi lonjakan penumpang pemerintah melalui Kemenhub dapat menambah intensitas kedatangan Kapal Kelud dari satu kali seminggu menjadi  dua kali. “Bila masih dirasakan kurang, maka dapat saja menambah jumlah armada sebagaimana telah dilaksanakan sebelumnya," tambah Bharto.

 KOLABORASI 

Kantor Syahbandar Utama Belawan juga telah melakukan koordinasi dan kolaborasi dengan institusi Perhubungan Otoritas Pelabuhan Utama, Distrik Navigasi Kelas I Belawan, Pelni, Damri, Pelindo dan PT KAI Stasiun Belawan.

 Selain itu koordinasi pengamanan juga telah dilakukan dengan Lantamal I Belawan, Ditpolair Polda Sumut, Polres dan Polsek Belawan, Dinas Perhubungan Kota dan Provinsi, Imigrasi, serta Karantina Kesehatan Pelabuhan. 

 Pada Nataru 2022/2023 menurut Bharto tetap harus memperhitungkan kondisi pandemi. Protokol kesehatan harus tetap menjadi prioritas di samping menjaga keselamatan. Rencananya ramp check kapal akan dilakukan akhir bulan November.

 Beberapa antisipasi dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kenyamanan penumpang melalui Bandar Deli, juga telah dilaksanakan.  Langkah yang dilakukan antara lain mengurangi bottle neck antrean penumpang, memulai lebih awal proses check in, mengoptimalkan 2 ruang tunggu, menambah area parkir, serta adanya mesin tiket di area terminal untuk menghindari calo. (Arry/ Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook