Genset Hingga Popok Bayi Dibutuhkan Korban Gempa Cianjur, Erick Thohir Kerahkan Satgas BUMN

By Indonesia Maritime News 22 Nov 2022, 13:31:48 WIB BUMN
Genset Hingga Popok Bayi Dibutuhkan Korban   Gempa Cianjur, Erick Thohir Kerahkan Satgas BUMN

Keterangan Gambar : Cianjur porak poranda dilanda gempa bumi. Foto: ist


Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA: Bencana gempa bumi yang menewaskan 162 penduduk di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, membuat semua lini turun tangan. Tak terkecuali BUMN. Satgas BUMN telah memetakan kebutuhan korban gempa dibawah koordinasi PT Jasa Marga. 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menyampaikan duka cita yang mendalam atas bencana yang terjadi di Cianjur.  Dia telah memerintahkan Satuan Tugas (Satgas) Bencana BUMN dan Yayasan BUMN untuk Indonesia bergerak cepat membantu penanganan dampak gempa. 

Satgas Bencana BUMN memetakan kebutuhan korban, di mana  PT Jasa Marga (Persero) Tbk. sebagai koordiantor satgas memetakan kebutuhan-kebutuhan terkini masyarakat bersama BPBD daerah setempat.

Baca Lainnya :

"Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat dan membantu masyarakat untuk pulih kembali,” kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana, dikutip pada Selasa (22/11/2022).

Bantuan yang dibutuhkan masyarakat dalam masa darurat ini adalah pengerahan alat berat, ambulans, kendaraan rescue, tenaga medis, pembangunan tenda, alat tidur. Kemudian, genset dan BBM, air mineral, obat-obatan, sembako, kebutuhan pakaian layak pakai, dan popok bayi.

Posko Satgas BUMN kini dibuat di Kabupaten Cianjur. Pihak Jasa Marga juga menerjunkan anggota Tim Jasmapala (Jasa Marga Pecinta Alam) untuk membantu proses evakuasi serta bantuan darurat untuk korban bencana gempa.

Lisye  juga memastikan perseroan berkolaborasi untuk mengoptimalkan bantuan. Disebutkan, BUMN yang telah tergabung dalam satgas adalah BRI, Mandiri, PLN, Telkom, BNI, Pertamina, Antam, Angkasa Pura II, Semen Indonesia, Adhi Karya, Pelindo, dan PTPN VIII.

TURUN KE LOKASI

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir telah memerintahkan perusahaan pelat merah segera turun ke lokasi gempa di Cianjur. Erick mengatakan Satgas telah dan terus berkoordinasi secara instensif dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan pemerintah daerah.

"BUMN melalui Satgas Bencana BUMN dan Yayasan BUMN untuk Indonesia langsung menuju lokasi terdampak," ujar Erick di Jakarta, Senin (21/11/2022). Satgas juga mengerahkan sejumlah alat berat dan peralatan lain yang dibutuhkan mengingat banyak fasilitas umum yang rusak.

"Yang terpenting saat ini BUMN hadir di tengah-tengah masyarakat terdampak, mendampingi mereka dan menyampaikan pesan bahwa mereka tidak sendirian. Ke depannya, tentu kita juga fokus dalam membantu pemulihan sejumlah fasilitas seperti sekolah, rumah ibadah, layanan kesehatan yang terdampak gempa," tandas Erick Thohir. (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment