Aksi Cepat TNI AL, Tim PRCPB Beri Bala Bantuan ke Lokasi Gempa Cianjur

By Indonesia Maritime News 22 Nov 2022, 13:10:57 WIB Sekitar Kita
Aksi Cepat TNI AL, Tim PRCPB Beri Bala   Bantuan ke Lokasi Gempa Cianjur

Keterangan Gambar : Foto: Dispen TNI AL


Indonesiamaritimenews.com ( IMN)JAKARTA: Aksi cepat tanggap bencana, TNI Angkatan Laut (AL) langsung memberangkatkan Tim Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Korps Marinir ke lokasi gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. 

Pelepasan dipimpin langsung oleh Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto di Mako Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (21/11/2022) malam.

Pelepasan personel pada eselon pertama yang disiapkan untuk PRCPB berjumlah 100 personel dengan komposisi terdiri dari personel tenaga kesehatan dan tim evakuasi dari total 450 personel yang disiapkan. 

Baca Lainnya :

Selain itu PRCPB juga membawa perlengkapan perorangan dan satuan, logistik ransum bekal pasukan, 5 unit kendaraan truk, 3 unit ambulance, 1 unit kendaraan kia serta dilengkapi dapur lapangan dan rumah sakit lapangan.

Dalam sambutannya Dankormar mengatakan, prioritasnya melaksanakan penyelamatan dan evakuasi korban bencana di Cianjur karena banyak rumah yang roboh. Korban banyak tertimpa reruntuhan.

“Untuk menyikapi bencana yang terjadi tersebut perintah pimpinan bapak Kasal, kita telah menyiapkan sebanyak 450 orang dengan unsur-unsur sesuai dengan yang dibutuhkan di lapangan seperti kesehatan kita menyiapkan rumah sakit lapangan dengan tenaga medisnya," jelas Dankormar.

Lebih lanjut, Dankomar menyampaikan Senin malam TNI AL memberangkatkan eselon pertama tim kesehatan. Eselon kedua akan dilepas Selasa (22/22/2022) oleh Kasal untuk berangkat ke daerah bencana.

Dankormar menegaskan, tugas para prajurit TNI AL ialah membantu masyarakat yang mengalami musibah harus dengan senang hati, penuh keikhlasan untuk dijalankan, serta dapat dibantu dengan semaksimal mungkin.

Aksi cepat tanggap yang dilaksanakan ini sesuai dengan penekanan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam berbagai kesempatan, agar sesegera mungkin memberikan bantuan terhadap kesulitan rakyat dengan mengoptimalkan segala kemampuan yang dimiliki sehingga keberadaan Prajurit TNI AL dimanapun dapat bermanfaat bagi masyarakat sekelilingnya.

Sesuai jadwal Kasal Laksamana TNI Yudo Margono bertempat di Mabesal akan melepas PRCPB dengan membawa bahan bantuan dari Kotama TNI AL.  Bantuan itu terdiri dari 5 unit kendaraan ambulance, 8 unit truk, 1 unit kendaraan kawal, 1 unit excavator, 1 unit buldozer, 3 unit dump truk, 1 unit trailer, 1 set dapur lapangan, 10 set tenda, 100 unit vielbed dan 1 set Rumkitlap.

Seperti diketahui, gempa berkekuatan magnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa barat, Senin (21/11/2022) siang. Gempa yang berpusat di 10 km arah barat daya dari Kabupaten Cianjur dengan kedalaman gempa 10 km, mengakibatkan 162 warga meninggal dunia, 362 penduduk luka-luka, dan 13.784 orang mengungsi. (Arry/ Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook