Gubernur Papua Lukas Enembe Ditangkap, Ini Kata Presiden Jokowi

By Indonesia Maritime News 10 Jan 2023, 21:47:31 WIB Hukum
Gubernur Papua Lukas Enembe Ditangkap, Ini Kata Presiden Jokowi

Keterangan Gambar : Presiden Jokowi memberi keterangan soal penangkapan Lukas Enembe. Foto: Setpres


Indonesiamaritimenews.com (IMN)JAKARTA:  Presiden RI Joko Widodo mengatakan penangkapan Gubernur Papua Lukas Enembe oleh KPK,  merupakan proses penegakan hukum yang harus dihormati. Karena semua warga sama di mata hukum.

"Ya semua sama di mata hukum, itu kan proses penegakan hukum yang harus kita hormati," kata Jokowi usai menghadiri HUT ke-50 PDI Perjuangan di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (10/1/2023).

Menurut Presiden Jokowi, bila KPK sudah menangkap seseorang, maka pasti sudah memiliki fakta dan barang bukti. "Saya kira kalau KPK menangkap itu pasti sudah punya fakta, barang bukti yang ada itu pasti,” tegas Jokowi.

Baca Lainnya :

Seperti diberitakan indonesiamaritimenews.com sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Gubernur Papua Lukas Enembe di Kota Jayapura, Papua, Selasa (10/1/2023) siang. Lukas langsung digiring ke pesawat lalu diterbangkan ke Jakarta.

Lukas Enembe menjadi tersangka dugaan korupsi pemberian dan penerimaan hadiah atau janji pembangunan infrastruktur di Papua. Dalam kasus ini,  KPK telah menetapkan Direktur PT Tabi Bangun Papua (TBP) Rijatono Lakka sebagai tersangka. Lukas dituduh menerima suap Rp1 miliar dari Rijatono.

DIDUGA MAU TINGGALKAN INDONESIA

Ketua KPK Firli Bahuri mengungkapkan  Lukas Enembe (LE) ditangkap pukul 12.27 WIT atau 10.27 WIB di Abepura Papua. KPK memperoleh informasi LE akan ke Mamit Tolikara pada Selasa (10/1/2023) melalui Bandara Sentani, Jayapura. KPK curiga politisi Demokrat ini akan meninggalkan Indonesia.

“Mendapat informasi tersebut, maka kami menghubungi Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Papua, Komandan Satuan (Dansat) Brimob dan Kabinda untuk membantu upaya penangkapan LE di Bandara Sentani. Karena LE akan keluar Jayapura,” kata Firli dalam keterangan tertulis.

Gubernur Papua tersebut akhirnya berhasil diamankan. Dia dibawa menggunakan pesawat Trigana Air rute melalui Manado - Sulawesi Utara untuk selanjutnya dibawa ke Jakarta.

Setibanya di Jakarta, Lukas Enembe akan dibawa ke RSPAD Gatot Subroto untuk diperiksa kesehatannya sebelum menjalani pemeriksaan di KPK.  (Riz/ Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment