Diguncang Gempa M 7,5 , Fasilitas Pelabuhan di Maluku Aman dan Tetap Beroperasi

By Indonesia Maritime News 10 Jan 2023, 16:30:51 WIB Sekitar Kita
Diguncang Gempa M 7,5 , Fasilitas Pelabuhan di Maluku Aman dan Tetap Beroperasi

Keterangan Gambar : Rumah penduduk hancur diguncang gempa M 7,5 di Maluku. Foto: dok. BNPB


Diguncang 


Indonesiamaritimenews.com ( IMN),JAKARTA: Kementerian Perhubungan memastikan sarana dan prasarana serta fasilitas pelabuhan di wilayah Maluku dalam kondisi baik dan aman, pascagempa berkekuatan Magnitudo 7,5, Selasa (10/1/2023).  Begitu juga Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) juga dalam kondisi baik.  

Baca Lainnya :

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub, Arif Toha. "Pasca kejadian gempa bumi, berdasarkan laporan yang diterima dari para kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) di wilayah Maluku, pelabuhan dan SBNP yang ada di Maluku dalam keadaan baik dan aman,” jelas Arif Toha dalam keterangan tertulis, Selasa (20/1/2023).

Arif meminta jajarannya di lokasi yang terkena gempa untuk tetap waspada dan siaga terhadap gempa susulan yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Ia menginstruksikan untuk terus melakukan pengawasan dan pengecekan jika ditemukan adanya kerusakan pascagempa bumi.

“Saya minta kepada seluruh kepala UPT yang ada di Maluku untuk terus waspada dan siaga kedepannya, selain itu harus siap membantu jika fasilitas pelabuhan dibutuhkan untuk proses evakuasi atau penyaluran bantuan,” tegas Arif.

Dikatakan Arif, saat ini pelayanan transportasi laut juga berjalan normal. Namun para petugas harus tetap waspada dan tetap mengutamakan keselamatan pelayaran.

“Untuk pelayanan transportasi laut berjalan dengan normal, akan tetapi saya meminta kepada seluruh petugas yang bekerja agar tetap selalu waspada dan siaga serta tetap mengutamakan keselamatan dalam pelayaran,” ujar Arif.

Kepada kepala UPT di wilayah Maluku, Arif memibta untuk menginformasikan kondisi terkini secara berkala. Selain itu berkoordinasi dengan stakeholder terkait di Maluku agar dapat bergerak cepat serta mengantisipasi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Sebagai informasi, UPT Ditjen Perhubungan Laut di wilayah Maluku berjumlah 16 UPT dan Maluku Utara sebanyak 10 UPT.

Adapun sesuai Keputusan Menteri Perhubungan KP. 432 tahun 2017 tentang Rencana Induk Pelabuhan Nasional,  total pelabuhan yang ada di wilayah Maluku sebanyak 68 pelabuhan dan wilayah Maluku Utara sebanyak 60 pelabuhan.

DAMPAK GEMPA 

Seperti diketahui, gempa berkekuatan M 7,5 menguncang MalukunTenggara Barat, Selasa (10/1/2023) pukul 00.47 WIB. BMKG menyebutkan, titik gempa berlokasi di 7.25 lintang selatan dan 130.18 bujur timur.

Gempa berkedalaman 131 km. Sedangkan titik gempa terjadi pada 150 km arah barat laut Maluku Tenggara Barat. BMKG juga sempat mengeluarkan peringatan waspada tsunami.

Sementara itu data di BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana)  menyebutkan kerusakan bangunan tercatat terjadi di Desa Watwey Kecamatan Dawelor Dawera, Maluku Barat Daya.

"BNPB menerima laporan visual kerusakan rumah dan bangunan masyarakat akibat gempa M 7.6 (BMKG menyebut magnitudo 7,5) di Maluku Barat Daya," kata Plt. Kapusdatinkom BNPB Abdul Muhari dalam keterangan tertulis. Belum ada laporan adanya korban jiwa dalam bencana gempa bumi di Maluku. (Arry/ Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook