Awal 2023 Resesi Global, Presiden Jokowi: Semua Harus Hati-hati

By Indonesia Maritime News 30 Nov 2022, 14:40:33 WIB Ekonomi
Awal 2023 Resesi Global, Presiden Jokowi: Semua Harus Hati-hati

Keterangan Gambar : Presiden Joko Widodo. Foto: dok. Setpres


Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA: Ekonomi global diperkirakan  resesi pada awal 2023. Presiden Joko Widodo menegaskan seluruh jajaran pemerintah tidak boleh hanya bekerja normal, serta harus selalu peka terhadap krisis

“Tidak bisa kita kerja normal dalam keadaan yang tidak normal. Tahun depan, tahun 2023 ini akan jauh lebih sulit lagi untuk semua negara, dan diperkirakan awal tahun depan sudah masuk kepada resesi global,” kata Presiden Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional Investasi di Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Jokowi meminta seluruh jajaran pemerintah untuk berhati-hati dalam mengambil kebijakan baik fiskal.maupun moneter. Karena bila ada kekeliruan kebijakan maka dampaknya akan sangat fatal. "Ini selalu terus saya sampaikan karena memang keadaannya tidak pada keadaan yang normal,” kata dia.

Baca Lainnya :

Semua unsur pemerintah harus memahami bahwa situasi saat ini adalah situasi yang tidak mudah. Bahkan, bukan hanya di Indonesia, namun negara-negara maju di dunia pun mengalami situasi yang sulit. Karena ada ancaman kenaikan inflasi, perlambatan pertumbuhan ekonomi, krisis barang energi, dan krisis pangan yang disebabkan kendala stok pupuk. 

Selain itu, krisis finansial juga menghantui semua negara dengan ancaman pembalikan arus modal. "Oleh sebab itu, dalam menahkodai situasi yang sangat sulit ini, semuanya harus hati-hati. Policy, kebijakan semuanya harus hati-hati,” ujar Presiden.

Indonesia masih mencatatkan laju pertumbuhan ekonomi yang baik hingga kuartal III 2022. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,72 persen secara tahunan pada kuartal III 2022. (Riz/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook