8 Untaian Doa Menyambut Ramadhan, Simak Doa-doanya

By Indonesia Maritime News 11 Mar 2024, 13:12:04 WIB Tauziah
8 Untaian Doa Menyambut Ramadhan, Simak Doa-doanya

Keterangan Gambar : Ilustrasi ibadah puasa, zikir, baca Alquran di Bulan Ramadhan.Foto: Indonesiamaritimenews.com



Indonesiamaritimenews.com ( IMN): Bulan suci Ramadhan 2024, bulan penuh berkah yang ditunggu-tunggu umat Islam sedunia telah tiba. Pemerintah Pemerintah menetapkan awal puasa 1 Ramadhan 2024 jatuh pada Selasa (12/3/2024) sesuai dengan jadwal kalender Kemenag RI.

Di bulan penuh berkah ini, umat Muslim mengisinya dengan segala kebaikan yang membawa rahmat dan berkah. Menyambut Ramadhan, umat Islam membaca berbagai doa untuk berharap berkah dari Allah SWT. Dari berbagai sumber, berikut untaian doa-doa yang bisa dibaca menyambut Ramadhan.

Baca Lainnya :

1. Doa Melihat Hilal

Doa ini dapat dibaca ketika seseorang melihat hilal atau bulan sabit pertanda bulan baru di langit malam. Doa ini juga dapat dibaca untuk semua bulan bukan hanya Ramadhan saja.

Dari buku 'Kumpulan Doa dari Al-Quran dan Hadits' karya Syaikh Sa'id bin Wahf Al-Qahthani, doa ini berdasarkan atas hadits riwayat Tirmidzi no. 5/504 dan ad-Darimi no. 1/336. Berikut bacaan doanya:

اللهُ أَكْبَرُ، اَللَّهُمَّ أَهْلِلْهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيْمَانِ، وَالسَّلاَمَةِ وَالْإِسْلاَمِ، وَالتَّوْفِيْقِ لِمَا تُحِبُّ رَبَّنَا وَتَرْضَى رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللهُ
Allahu akbar, allahumma ahlilhu 'alainā bil-amni wal-īmāni, was-salāmati wal-islāmi, wat-taufīqi lima tuḥibbu rabbana wa tarḍā rabbunā wa rabbukallah.

Artinya: "Allah Maha Besar. Ya Allah! Tampakkan bulan tanggal satu itu kepada kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan Islam serta mendapat taufik untuk menjalankan apa yang Engkau sukai dan ridhai. Tuhan kami dan Tuhanmu (wahai bulan sabit) adalah Allah."

2. Doa Lainnya Saat Melihat Hilal

Doa ini juga untuk orang yang melihat hilal. Landasannya adalah hadits dari Ahmad no. 1/162 dan Tirmidzi no. 3451. Tingkatannya adalah hasan gharib menurut Tirmidzi, sedangkan Syaikh al-Albani menghukuminya shahih.

اللَّهُمَّ أَهْلِلْهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَالإِسْلاَمِ رَبِّى وَرَبُّكَ اللَّهُ
Allahumma ahlilhu 'alainā bil-yumni wal-īmāni was-salāmati wal-islāmi rabbī wa rabbukallāhu.

Artinya: "Ya Allah, tampakkanlah bulan itu kepada kami dengan membawa keberkahan dan keimanan, keselamatan, dan Islam. Rabbku dan Rabbmu (wahai bulan sabit) adalah Allah."

3. Doa Menyambut Ramadhan

Doa ini berdasarkan hadits riwayat ath-Thabrani dari sahabat 'Ubadah bin al-Shamith. Kemudian, Ustadz Ammi Nur Baits dalam bukunya, 'Kumpulan Doa & Dzikir Ramadhan' menyatakan doa ini tidak secara khusus dibaca oleh Nabi Muhammad SAW maupun para sahabat. Doa ini adalah bacaan para sahabat dan ulama dalam mengungkapkan kegembiraan datangnya Ramadhan. Berikut doanya:

أللهمَّ سَلِّمْنِي لِرَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا
Allahumma sallimnī liramaḍāna, wa sallim ramaḍāna lī, wa tasallamhu minnī mutaqabbalā.

Artinya: "Ya Allah, sampaikan aku (dengan selamat) kepada (bulan) Ramadhan. Sampaikanlah Ramadhan kepadaku (juga) dan terimalah (amal-amal) ku di (bulan) Ramadhan."

4. Doa ini dituliskan oleh al-Baghawi dalam kitabnya, 'Mu'jam ash-Shahabah'. Ini bacaannya:

اللَّهُمَّ أَدْخِلْهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيْمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالإِسْلَامِ، وَجِوَارٍ مِنَ الشَّيطَانِ، وَرِضوَانٍ مِنَ الرَّحمَنِ
Allahumma adkhilhu 'alaina bil-amni wal-īmāni, was-salāmati wal-islāmi, wa jiwārim-minasy-syaiṭāni, wa riḍwānim-minar-rāḥmani.

Artinya: "Ya Allah, masukkanlah kami pada bulan ini dengan rasa aman, keimanan, keselamatan, dan Islam, juga lindungilah kami dari gangguan setan, dan agar kami mendapat ridho Allah yang Maha Pengasih."

5. Doa lainnya yang bisa dipanjatkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Ini redaksinya diambil dari buku yang sama:

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيْمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ وَالْعَافِيَةِ الْمُجَلَّلَةِ وَدِفَاعِ الْأَسْقَامِ وَالْعَوْنِ عَلَى الصَّلَاةِ وَالصِّيَامِ وَتِلَاوَةِ الْقُرْآنِ. اللَّهُمَّ سَلِّمْنَا لِرَمَضَانَ وَسَلَّمَهُ لَنَا وَسَلَّمَهُ مِنَّا حَتَّى يَخْرُجُ رَمَضَانَ وَقَدْ غَفَرْتَ لَنَا وَرَحْمَتُنَا وَعَفَوْتَ عَنَّا
Allahumma ahillahu 'alainā bil-amni wal-īmāni was-salāmati wal-islāmi wal-'āfiyatil-mujallalati wa difā'il-asqāmi wal-'auni 'alaṣ-ṣalāti waṣ-ṣiyāmi wa tilāwatil-qur'āni. Allahumma sallimnā liramaḍāna wa sallamahu lanā wa sallamahu minnā ḥattā yakhruju ramaḍāna wa qad gafarta lanā wa raḥmatunā wa 'afauta 'annā.

Artinya: "Ya Allah, pertemukan bulan ini dengan kami dalam keadaan aman, iman, keselamatan, Islam, sehat yang prima, kebal dari penyakit, dan pertolongan untuk sholat, puasa, dan membaca Al-Quran. Ya Allah, serahkan kami pada Ramadhan ini. Serahkan Ramadhan pada kami. Selamatkan Ramadhan dari kami. Hingga selesai bulan Ramadhan sedang Engkau telah mengampuni kami, Engkau telah merahmati kami, dan engkau memaafkan kami."

6. Doa Ramadhan

يدعون عند حضرة شهر رمضان: اللّٰهمَّ أَظَلَّ شَهْرُ رَمَضَانَ وَحَضَرَ، فَسَلِّمْهُ لِي وَسَلِّمْنِي فِيهِ وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي، اللهمَّ ارْزُقْنِي صِيَامَهُ وَقِيَامَهُ صَبْرًا واحْتِسَابًا، وَارْزُقَنِي فِيْهِ الْجَدَّ وَالْإِجْتِهَادَ والقُوَّةَ والنَّشَاطَ، وَأَعِذْنِي فِيهِ مِنَ السّآمَةِ وَالفَتْرَةِ وَالكَسَلِ والنُّعَاسِ, وَوَفِّقْنِي فيه لِلَيْلَةِ الْقَدْرِ وَاجْعَلهَا خَيْرًا مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ
“Dari Abdul Aziz bin Abi Rawad, ia berkata: “(Kaum) muslimin berdoa saat bulan Ramadhan hadir: Allahumma adhalla syahru ramadhâna wa hadlara, fa sallimhu lî wa sallimnî fîhi wa tasallamhu minnî. Allahummarzuqnî shiyâmahu wa qiyâmahu shabran wahtisâban, warzuqnî fîhil jadda wal ijtihâda wal quwwata wan nasyâtha, wa a’idznî fîhi minassâmati wal fatrati wal kasali wan na’âsi, wawaffiqnî fîhi li lailatil qadri waj’alhâ khairan min alfi syahrin.”

Artinya: Ya Allah, bulan Ramadhan sudah membayangi dan datang. Maka, sampaikanlah bulan Ramadhan kepadaku, dan sampaikanlah aku dengan selamat kedalamnya, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan. Ya Allah, karuniailah aku kesabaran dan niat tulus mengharap pahala dan ridha-Mu atas puasa Ramadhan ku dan qiyamul lail ku. Ya Allah, karuniailah aku dalam bulan Ramadhan kesungguhan hati, ketekunan, kekuatan, dan vitalitas. Ya Allah, lindungilah aku dalam bulan Ramadhan dari kebosanan, lemah lesu, kemalasan, dan lemas/banyaknya kantuk. Ya Allah, sukseskanlah aku dalam mendapatkan lailatul qadar di bulan Ramadhan ini, dan jadikanlah pahala atau kebaikannya lebih baik dari seribu bulan. 

7.Doa memohon keberkahan

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِى رَمَضَانَ 
“Allahumma Bariklana Fi Rajaba wa Sya’bana wa Ballighna Ramadhana”

Artinya: Ya Allah, berkahilah kami pada bulan rajab dan bulan syaban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan. 

8. Doa meminta kesehatan selama Ramadan

اللَّهُمَّ سَلِّمْنِيْ لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِيْ وَسَلِّمْهُ مِنِّيْ
“Allāhumma sallimnī li Ramadhāna, wa sallim Ramadhāna lī, wa sallimhu minnī” 

Artinya: Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di Bulan Ramadhan.
Golongan orang yang diperbolehkan untuk tidak puasa.

Demikian untaian doa yang dipanjatkan selama bulan Ramadhan. Tentu masih banyak lagi doa-doa yang bisa dipanjatkan selama bulan puasa. Semoga berkah Ramadhan senantianya melingkupi umat Muslim yang selalu berserah diri pada Allah SWT. Aamiin. (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook