Semakin Andal Armada Pertamina International Shipping
Aplikasi EDTP Ditingkatkan Automasi Tanker Monitoring Dikembangkan

By Indonesia Maritime News 07 Mar 2022, 08:52:41 WIB BUMN
Semakin  Andal Armada Pertamina International Shipping

Keterangan Gambar : Kapal Tanker Pertamina International shipping.Foto:Ist


Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA: Membuat armada lebih andal tak bisa hanya berdiam diri dan berhayal. Inovasi dan transformasi terus dilakukan.  Inilah agaknya yang dilakukan PT Pertamina International Shipping (PIS) yang terus meningkatkan versi digital aplikasi Enhanced Daily Tanker Position (EDTP) sebagai program pengembangan automasi tanker monitoring

Apa yang dilakukan PIS? EDTP perusahaan plat merah ini, ditingkatkan menjadi 3.0 dengan peningkatan kualitas fitur-fitur dan formula untuk diterapkan di rangkaian monitoring Supply & Distribution di seluruh wilayah Indonesia. Aplikasi ini  dapat mengetahui posisi real time armada kapal PIS yang berlayar di perairan internasional, dari Control Room Pertamina Command Center (PCC) sebagai Pusat Pengendali.

Baca Lainnya :

“Aplikasi ini sangat berperan dalam upaya efektivitas pengelolaan kapal untuk efisiensi biaya operasi operasional, sekaligus menjawab tantangan transformasi digital,” papar Corporate Secretary PIS Arief Sukmara, Rabu (2/3/2022).

Beberapa fitur tambahan sebagai hasil pengembangan di EDTP 3.0, lanjut Arief,  adalah; fitur Login dengan Idaman untuk meningkatkan keamanan aplikasi, vessel tracking, monitoring, layering (untuk cuaca, potensi tsunami, dan gempa), navigasi, dashboard untuk mempemudah monitoring dan reporting, CCTV dan sistem alert pada kondisi anomali untuk peningkatan kewaspadaan dan keamanan distribusi kargo,  bookmark, dan laporan operasional. 

Data yang dihimpun Indonesiamaritimenews.com sebelumnya, PIS juga menggandeng DNV, perusahaan klasifikasi kelas dunia, untuk mengimplementasikan aplikasi  technical module ShipManager. Aplikasi ini diterapkan dari proses perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi kegiatan maintenance, QHSE (Quality, Health, Safety, Environment System) dan Crewing System. 

Aplikasi lain yang juga sudah diterapkan oleh PIS adalah Fleet Management Dashboard dan Fleet Digital Control Room untuk memantau pengelolaan kapal secara fleksibel sehingga operasional perkapalan bisa lebih efektif dan efisien.  

Fleet Management Dashboard diaplikasikan untuk mengetahui ship management secara real time. Sementara, Fleet Digital Control Room untuk memantau kapal milik dan membangun serta mengelola aplikasi yang bisa termonitor melalui mobile phone.

PIS juga  meluncurkan aplikasi digital bernama PEKA yang artinya Pengamatan Keselamatan Kerja. 

“Aplikasi ini diharapkan dapat digunakan untuk membantu pelaksanaan pengamatan keselamatan kerja di lingkungan PIS,” ujar Arief.

Sisi lain, aplikasi PEKA juga diharapkan mampu memitigasi bahaya dan risiko HSSE sebelum terjadinya insiden dan membantu akselerasi pencapaian HSSE generatif. Apalagi, dengan masih berlangsungnya pandemi Covid-19 dan kehadiran varian baru Omicron, fungsi HSSE di mana salah satunya adalah kondisi kesehatan seluruh pekerja dapat diberikan upaya perlindungan paling optimal. (Arry/Oriz/Mar)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment