Pusat Perikanan Internasional Dibangun di Jembrana Bali, Rp891 Miliar Digelontorkan

By Indonesia Maritime News 23 Jan 2023, 19:32:25 WIB Maritim
Pusat Perikanan Internasional Dibangun di Jembrana Bali, Rp891 Miliar Digelontorkan

Keterangan Gambar : Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono meninjau lokasi pembangunan Pusat Perikanan Internasional. Foto: dok. KKP


Indonesiamaritimenews.com (IMN),BALI: Provinsi Bali tepatnya Kabupaten Jembrana, akan memiliki Pusat Perikanan Internasional. Mega proyek senilai Rp891 miliar tersebut tahun ini mulai dibangun.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono mengatakan Kabupaten Jembrana di ujung barat Pulau Bali, tepatnya di Desa Pangembangan, dipilih menjadi lokasi pembangunan Pusat Perikanan Internasional karena lokasinya strategis Selain itu berhubungan langsung dengan laut internasional dan memiliki potensi perikanan yang sangat besar.

Di PPN (Pusat Perikanan Nusantara) Pengambengan, adalah wilayah perairan yang memiliki hasil laut melimpah dan potensi ikan sangat besar. Mulai dari ikan tuna, ikan lemuru, serta ikan pelagis lainnya, jadi sangat strategis," kata Sakti Wahyu Trenggono, Senin (23/1/2023).

Baca Lainnya :

Menurut Sakti, lokasi strategis yang  dekat dengan Surabaya dan menyambung Laut Banda, sangat cocok jadi lokasi pembangunan mega proyek tersebut. "Saya kira ini akan menjadi pelabuhan perikanan modern, apalagi lokasinya sangat strategis dan langsung berhubungan dengan laut internasional," sambung Sakti.

Selain itu, lahan PPN Pengambengan juga akan diperluas, dengan tambahan lahan darat dan kolam labuh. Dengan perluasan ini semua fasilitas pendukung Pusat Perikanan Internasional bisa lebih maksimal.

Sebelumnya, luas lahan PPN pengambengan i 13,5 hektar dan kolam labuh 25 hektar.  "Nah ini diperluas lagi sekitar 88,5 hektar," kata Sakti.

Pembangunan mega proyek di Jembrana tersebut diharapkan melibatkan seluruh tokoh masyarakat dalam pengawasan, sehingga dapat berjalan lancar dan sesuai apa yang direncanakan. 

Diharapkan juga, tempat ini tidak hanya pusat perikanan, namun juga akan dimanfaatkan sebagai kawasan wisata. Karena akan dibuatkan port yacht atau pelabuhan mini tempat berlabuh kapal pesiar yang rencananya akan terintegrasi dengan Sircuit All In One. (Riz/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook