Gunung Anak Krakatau Menggeliat Lagi, Masyarakat Diimbau Waspada

By Indonesia Maritime News 23 Jan 2023, 17:18:23 WIB Maritim
Gunung Anak Krakatau Menggeliat Lagi, Masyarakat Diimbau Waspada

Keterangan Gambar : Gelombang laut di Selat Sunda antara perairan Lampung dan Banten, Minggu (22/1/2023) sebelum Gunung Anak Krakatau erupsi, cukup tinggi. Goyangan kapal terasa lebih kencang membuat sejumlah penumpang pusing. Foto: indonesiamaritimenews.com


Indonesiamaritimenews.com (IMB),LAMPUNG: Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Provinsi Lampung, sejak Minggu (22/1/2023) malam menggeliat lagi dan beberapa kali mengalami erupsi.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat erupsi terekam pada Senin pukul 00.41 WIB dan pukul 04.42 WIB. Namun abu letusannya tidak teramati.

Pantauan indonesiamaritimenews.com beberapa jam sebelum erupsi, gelombang di Selat Sunda antara perairan Lampung dan Banten terasa cukup tinggi. Penumpang kapal ferry merasakan pusing akibat goyangan kapal yang terasa cukup kuat dan sesekali terasa seperti membentur benda keras.

Baca Lainnya :

Kepala Pos Pantau Gunung Anak Krakatau di Hargopancuran, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, Andi Suardi, mengatakan erupsi beberapa kali terjadi.

Erupsi kembali terjadi pada pukul 06.07 WIB dengan tinggi kolom letusan sekitar 300 meter di atas puncak atau 457 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Letusan yang terekam seismograf memiliki amplitudo maksimum 50 mm dan durasi 80 detik,  menimbulkan kolom abu berwarna kelabu tebal mengarah ke timur.

Kemudian pada pukul 07.01 WIB, Gunung Anak Krakatau kembali batuk-batuk. Kali ini tinggi kolom letusan sekitar 300 meter di atas puncak atau 457 mdpl dan kolom abu berwarna kelabu tebal mengarah ke timur. Erupsi terekam seismograf memiliki amplitudo maksimum 50 mm dan durasi 27,5 detik.

Anak Krakatau mengalami erupsi lagi pada pukul 07.59 WIB, dengan tinggi kolom letusan sekitar 500 meter di atas puncak atau kurang lebih 657 mdpl dan kolom abu kelabu hingga kelam tebal mengarah ke tenggara. Erupsi terekam seismograf memiliki amplitudo maksimum 60 mm dan durasi 143 detik.

Selanjutnya, pukul 08.08 WIB dengan tinggi kolom letusan sekitar 300 meter di atas puncak atau kurang lebih 457 mdpl dan kolom abu kelabu hingga hitam tebal mengarah ke tenggara. Letusan itu terekam seismograf memiliki amplitudo maksimum 53 mm dan durasi 121 detik.

Gunung Anak Krakatau kembali erupsi pada pukul 09.28 WIB dengan tinggi kolom letusan sekitar 300 meter di atas puncak atau kurang lebih 457 mdpl dan kolom abu kelabu tebal mengarah ke tenggara. Letusan itu terekam seismograf memiliki amplitudo maksimum 53 mm dan durasi 38 detik.

PVMBG menyarankan masyarakat, pengunjung, wisatawan, maupun pendaki tidak mendekati Gunung Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah aktif. Gunung api tersebut statusnya kini Siaga (Level III).(Riz/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook