Menko Airlangga Tinjau Galangan Kapal KRI Teluk Palu-523 di Bandar Lampung

By Indonesia Maritime News 14 Feb 2022, 00:16:28 WIB Pelabuhan
Menko Airlangga Tinjau Galangan Kapal  KRI Teluk Palu-523 di Bandar Lampung

Keterangan Gambar : Menko Perekonomian Aiirlangga Hartarto tinjau galangan kapal KRI Teluk Palu di Bandar Lampung. Foto: Kemenko Perekonomian


Menko Airlangga Tinjau Galangan Kapal

KRI Teluk Palu-523 di Bandar Lampung

Indonesiamaritimenews.com (IMN),LAMPUNG : Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan, industri perkapalan harus terus didukung guna memperkuat konektivitas perekonomian melalui transportasi laut. 

Baca Lainnya :

“Industri ini harus terus kita dukung untuk memperkuat perekonomian Indonesia melalui konektivitas antar wilayah dengan sarana transportasi laut,” ujar Airlangga Hartarto saat mengunjungi salah satu galangan kapal nasional, PT Daya Radar Utama (DRU) Shipyard di daerah Srengsem, Bandar Lampung, Sabtu (12/2/2022).

Sebagai negara kepulauan, Indonesia sangat berkepentingan dengan keberadaan industri perkapalan atau galangan kapal di dalam negeri. Selain memberikan multiplier effect untuk kemudian menjadi penggerak perekonomian, peran industri perkapalan juga sangat penting dalam mewujudkan konektivitas antar wilayah melalui penguatan sarana transportasi laut.

Melihat peran strategis dan prospek pertumbuhan industri ini, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk memberikan dukungan yang di antaranya yakni dengan menjaga iklim investasi tetap kondusif agar kesinambungan operasional dan produktivitas sektor industri perkapalan dapat menjadi lebih optimal.

Selain itu, juga diberikan pelatihan kepada sumber daya manusia yang bergerak di industri perkapalan nasional untuk lebih meningkatkan daya saing. Bahkan, Pemerintah juga memaksimalkan adanya industri perkapalan nasional untuk dapat mendukung kekuatan Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia (Alutsista TNI), terutama terkait pemenuhan beragam kebutuhan kapal patroli dan sejenisnya.

INDUSTRI KAPAL NASIONAL

Peran PT DRU Shipyard sendiri dalam industri perkapalan nasional telah dimulai sejak tahun 1972 serta telah memproduksi kurang lebih 400 kapal dari berbagai tipe dan ukuran. Lini bisnis yang digeluti PT DRU Shipyard yakni pembuatan kapal baru, pemeliharaan dan perbaikan kapal serta proyek-proyek konversi.

Pada 1993, perluasan PT DRU Shipyard yang pada saat itu masih bernama PT Noahtu Shipyard diresmikan oleh Menteri Perindustrian RI Bapak Ir. Hartarto, ayah Airlangga Hartarto.

Dalam peninjauan tersebut, Airlangga melihat secara langsung KRI Teluk Palu-523 milik TNI Angkatan Laut, salah satu produksi dari PT DRU Shipyard. Ia juga berkeliling ke beberapa bagian kapal. PT DRU Shipyard memiliki klasifikasi internasional dari beberapa negara lain seperti Jepang, Italia, Amerika Serikat, dan Perancis, 

Selain dipercaya membuat kapal TNI, juga dipercaya untuk membuat kapal Pertamina dan beberapa institusi lainnya. Selain itu juga telah bekerja sama dengan perusahaan alutsista ternama dunia yaitu Haveksan Turki dan Thales Belanda. (Han/Oriz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook