Menhub dan Menko PMK Pantau Lalu Lintas Libur Nataru di Pos Gadog Puncak

By Indonesia Maritime News 30 Des 2022, 19:03:01 WIB Perhubungan
Menhub dan Menko PMK Pantau Lalu Lintas Libur Nataru di Pos Gadog Puncak

Keterangan Gambar : Menko PMK Muhadjir Effendy. Foto: dok. Kemenhub


Indonesiamaritimenews.com    (IMN),BOGOR :Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Jumat (30/12/2022), meninjau penanganan arus lalu lintas kendaraan di Gadog, Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Keduanya mengunjungi pos pelayanan terpadu di Gadog, yang memiliki sejumlah fasilitas untuk memonitor situasi dan kondisi pergerakan lalu lintas kendaraan.

Sejumlah pejabat yang ikut meninjau yaitu, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Umar Aris, Dirlantas Polda Jawa Barat Kombes Pol Romin Thoyib, dan Dirut Jasa Raharja Rivan Achmad Purwanto.

Baca Lainnya :

Muhadjir menilai pergerakan lalu lintas di gadog ke arah Puncak masih relatif lancar terkendali. Tahun ini terjadi lonjakan pergerakan kendaraan sebesar 25% dibandingkan tahun lalu yang lebih rendah karena ada pembatasan perjalanan akibat pandemi Covid-19.

Dia meminta para pemilik bus, khususnya bus pariwisata agar memastikan armadanya memenuhi aspek keselamatan. "Tidak boleh ada bus wisata yang tidak layak dan dipaksakan jalan. Saya minta petugas di lapangan untuk mengawasi dengan baik,” kata Menko Muhadjir.

REKAYASA LALU LINTAS

Sementara itu Menhub Budi Karya menjelaskan, pergerakan kendaraan di Gadog masih terkendali karena belum mencapai puncaknya. “Diprediksi akan mulai padat malam ini (Jumat malam) dan besok saat perayaan malam tahun baru. Untuk itu saya minta petugas selain melakukan pengendalian lalu lintas juga menjaga keamanan dan ketertibannya,” kata Budi Karya.

Menhub juga meminta petugas kepolisian di lapangan untuk mengantisipasi terjadinya arus balik kendaraan dengan menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas yang diperlukan. Seperti: one way, contra flow, atau kebijakan diskresi lainnya yang menjadi kewenangan petugas kepolisian di lapangan. Selain itu, juga melakukan pengaturan di tempat istirahat (rest area), dan titik-titik lainnya yang berpotensi terjadi kepadatan.

“Saya juga mengingatkan kepada masyarakat tentang cuaca ekstrem yang terjadi di akhir tahun. Agar tetap waspada dan mengutamakan keselamatan,” pesan Budi Karya.

Mengantisipasi lonjakan kendaraan di malam pergantian tahun di wilayah Puncak Bogor, antisipasi telah disiapkan kepolisian. 

Langkah yang dilakukan polisi yakni: mengerahkan petugas kepolisian di sejumlah titik krusial di jalur Puncak karena jumlah kendaraan meningkat dibandingkan hari biasa, dan menerapkan malam bebas kendaraan atau Car Free Night (CFN) pada saat malam mulai 31 Desember 2022 pukul 18.00 WIB hingga 1 Januari 2023 pukul 06.00 WIB. (Riz/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook