Koarmada RI Diresmikan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono
-

By Indonesia Maritime News 03 Feb 2022, 14:10:28 WIB Nasional
Koarmada RI Diresmikan   KSAL Laksamana TNI Yudo Margono

Keterangan Gambar : Pembentukan Komando Armada Republik Indonesia (Koarmada RI), diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono di Dermaga Koarmada I Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (3/2/2022). Foto: Dispen TNI AL



Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA: Pembentukan Komando Armada Republik Indonesia (Koarmada RI), diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono di Dermaga Koarmada I Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (3/2/2022). 

"Komando Armada Republik Indonesia, saya nyatakan diresmikan," kata Yudo Margono.

Baca Lainnya :

Dalam acara tersebut KSAL juga mengukuhkan dan mengambil sumpah Laksamana Madya (Laksdya) TNI Agung Prasetiawan sebagai pejabat pertama yang memangku jabatan sebagai Panglima Koarmada RI. Pelantikan ini berdasarkan keputusan Panglima TNI Nomor Keputusan 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Yudo menjelaskan, Koarmada RI merupakan Komando Utama Operasional yang bertanggung jawab pada Komando Utama Pembinaan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2019 dan Peraturan Panglima TN! Nomor 23 Tahun 2021 serta Peraturan Kepala Staf Angkatan Laut Nomor 3 Tahun 2022.

FOTO: Dispen TNI AL

Dalam melaksanakan fungsi organisasi, Pangkoarmada RI dibantu kepala staf yang mengkoordinasikan tugas-tugas unsur pembantu pimpinan yang terdiri atas inspektur, kapok sahli, para asisten, unsur pelayanan, dan unsur badan pelaksana.

Sedangkan unsur pelaksana operasi dan pembinaan, Pangkoarmada RI membawahi Pangkoarmada I, Pangkoarmada II Pangkoarmada III, Dankoopskasel, Dankoppeba, Dankolat, Dansatud, Dansatmar, dan Dandenintel.

TIGA KOARMADA

Sebagai komando utama operasional dan. pembinaan yang wilayah kerjanya terbentang dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas hingga Pulau Rote, Koarmada RI memiliki tiga Koarmada yang bertanggung jawab membina dan mengoperasionalkan sistem senjata armada terpadu (SSAT) yang terdiri atas kapal perang (KRI), pesawat udara, Marinir, dan pangkalan.

Foto: Dispen TNI AL

Komando Armada I yang berkedudukan di Jakarta dipimpin Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah bertanggung jawab atas pembinaan dan operasional komandonya. Adapun wilayah yang menjadi tanggung jawab yaitu Perairan Barat Indonesia yang terbentang dari Utara ke Selatan yang ditandai garis imajiner yang membelah Kalimantan Bagian Barat hingga Cirebon.

Sementara itu Komando Armada II yang berkedudukan di Surabaya, dipimpin oleh Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto.  Komando operasionalnya meliputi wilayah Perairan Bagian Tengah Indonesia yang ditandai oleh garis imajiner berbatasan dengan wilayah kerja Koarmada I di sebelah barat dan garis imajiner yang terbentang dari Utara ke Selatan di ALKI III.

Sedangkan Komando Armada III yang berkedudukan di Sorong, Papua, dipimpin oleh Laksamana Muda TNI Irvansyah. Ia bertanggung jawab atas pembinaan dan operasional komandonya di wilayah Perairan Timur Indonesia yang sebelah baratnya ditandai garis imajiner yang berbatasan dengan wilayah kerja Koarmada II di ALKI III.

Dalam aspek operasional ketiga Koarmada ini membawahi Gugus Tempur Laut dan Gugus Keamanan Laut. Ketiga Koarmada ini membawahi Satuan Udara, Satuan Marinir dan Komando Latihan serta Denintel.

Foto;: Dispen  TNI AL

Sedangkan dalam aspek pembinaan membawahi lantamal, lanal, satuan kapal yang terdiri atas Satuan Kapal Eskorta, Satuan Kapal Selam, Satuan Kapal Amfibi, Satuan Kapal Cepat, Satuan Kapal Ranjau, dan Satuan Kapal Bantu. Sementara Satuan Kapal Patroli berada di bawah jajaran lantamal.(Arry/Oriz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment