Ini Dia 13 Pelabuhan yang DibangunMendukung Sektor Wisata Danau Toba
-

By Indonesia Maritime News 02 Feb 2022, 14:39:10 WIB Pelabuhan
Ini Dia 13 Pelabuhan yang DibangunMendukung Sektor Wisata Danau Toba

Keterangan Gambar : Dalam rangka mendukung sektor pariwisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatera Utara, Kementerian Perhubungan membangun sejumlah pelabuhan. (Fot: Ist)


Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA: Dalam rangka mendukung sektor pariwisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatera Utara, Kementerian Perhubungan membangun sejumlah pelabuhan. Beberapa pelabuhan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Rabu (2/2/2022). Sehari sebelum diresmikan, pelabuhan-pelabuhan ini ditinjau oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

Pelabuhan apa saja yang dibangun oleh Kemenhebub ? Ada 13 Pelabuhan Penyeberangan yang tersebar di 7 (tujuh) Kabupaten di Sumut yaitu: Kabupaten Toba (4 Pelabuhan), Kab. Samosir (4 Pelabuhan), Kab. Simalungun (1 Pelabuhan), Kab. Tapanuli Utara (1 Pelabuhan), Kab. Humbang Hasundutan (1 Pelabuhan), Kab. Karo (1 Pelabuhan), dan Kab. Dairi (1 Pelabuhan).Fot: Ist

Tujuh pelabuhan sudah selesai dibangun, sedangkan 6 lainnya masih dalam proses. Tujuh pelabuhan tersebut yaitu : Pelabuhan Penyeberangan Ajibata dan Balige (Kabupaten Toba), Simanindo (Kab. Samosir), Tigaras (Kab. Simalungun), Muara (Kab. Tapanuli Utara), Baktiraja (Kab. Humbang Hasundutan), dan Tongging (Kab. Karo). Sedangkan, pelabuhan penyeberangan yang tengah dibangun yaitu: Pelabuhan Penyeberangan Silalahi (Kab. Dairi), Ambarita, Onan Runggu, dan Sipinggan (Kab. Samosir), Sigapiton dan Porsea (Kab. Toba).

Baca Lainnya :

Menhub Budi Karya mengatakan, pelabuhan-pelabuhan tersebut telah siap melayani konektivitas di wilayah Danau Toba dan sekitarnya. “Ini harus dipastikan bisa melayani dengan baik untuk mendukung kawasan strategis pariwisata nasional yang tengah dikembangkan pemerintah,” kata Menhub.

Pelabuhan-pelabuhan tersebut, sambung Menhub, dibangun dengan arsitektur kearifan lokal di daerah Danau Toba. Selain membangun prasarana pelabuhan penyeberangan, Kemenhub juga telah membangun sarana kapal penyeberangan. Sarana transportasi tersebut yaitu 2 unit Bus Air ‘Asa-Asa’ dan ‘Jurung-Jurung’, serta dua unit Kapal Motor Penyeberangan (KMP) yaitu Kaldera Toba dan Pora-Pora.( Irfan/Oriz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment