Genjot Ekonomi Nelayan Sampang, Ini Langkah Kementerian Kelautan

By Indonesia Maritime News 06 Des 2022, 23:00:04 WIB Maritim
Genjot Ekonomi Nelayan Sampang, Ini Langkah Kementerian Kelautan

Keterangan Gambar : Dirjen Perikanan Tangkap, Muhammad Zaini Hanafi (kedua dati kanan) menyerahkan bantuan kepada nelayan. Foto: dok. KKP


Indonesiamaritiimenews ( IMN),SAMPANG: Kondisi ekonomi masyarakat nelayan khususnya di Kabupaten Sampang, Jawa Timur, menjadi perhatian Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan  membantu menggenjot ekonomi nelayan.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) menyalurkan bantuan alat penangkapan ikan kepada nelayan Kabupaten Sampang, Jawa Timur untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Sebanyak 320 unit alat penangkapan ikan disalurkan kepada 6 Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan pada Senin (6/12/2022).  Program ini sejalan dengan misi KKP yakni mewujudkan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan yang sejahtera, maju dan mandiri.

Baca Lainnya :

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, Muhammad Zaini Hanafi mengatakan  alat penangkapan ikan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh nelayan agar dapat membantu mendongkrak perekonomian keluarga..

"Pemerintah hanya memberikan fasilitas saja, yang dapat merubah keadaan bapak-bapak nelayan menjadi lebih baik tentu adalah bapak-bapak sendiri, seperti firman Allah dalam surat Ar-Ra'd ayat 11: ’Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri’," ungkapnya Zaini dalam sambutannya, Senin (5/12/2022).

PEKERJAAN MULIA

Lebih lanjut Zaini mengatakan menjadi nelayan adalah pekerjaan yang mulia. Karena nelayanlah yang menangkap ikan di laut sebagai sumber makanan yang berprotein tinggi dan menyehatkan. Sehingga,  sudah selayaknya nelayan mendapatkan perhatian khusus. 



Untuk mewujudkan hal tersebut, KKP akan mengidentifikasi Pulau Mandangin sebagai  kampung nelayan maju (KALAJU) . “Kita akan tinjau lebih lanjut untuk penetapan ini,” ujar Zaini.

 

Selain alat penangkapan ikan, pada kegiatan tersebut juga disalurkan  bantuan 400 paket perbekalan melaut untuk nelayan. 

 

Sementara itu Bupati Sampang, Slamet Junaidi menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada KKP yang peduli terhadap kesejahteraan nelayan khususnya di Kabupaten Sampang. 

 

Dia berharap nelayan bersungguh-sungguh memanfaatkan bantuan tersebut agar bisa mendongkrak ekonomi para nelayan. 

 

"Saya percaya kemajuan Kabupaten Sampang ini bukan hanya ada di tangan Pemerintah Daerah saja, tapi juga ada di tangan bapak-bapak sekalian," tukasnya.( Riz/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment