Catatan 1 Tahun Merger Pelindo, PT IPC Terminal Petikemas Raih Penghargaan Internasional

By Indonesia Maritime News 19 Okt 2022, 07:41:39 WIB Pelabuhan
Catatan 1 Tahun Merger Pelindo, PT IPC Terminal Petikemas Raih Penghargaan Internasional

Keterangan Gambar : Salah Terminal Kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok.Foto: indonesiamaritimenewa.com


Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA : Bangsa Indonesia, menunggu kinerja Satu Tahun Merger Pelindo, mengingat pelabuhan sangat penting dalam Tatanan Ekonomi Indonesia.Seperti yang   di katakan Profesor Laode M Kamaluddin dalam bukunya Pembangunan Maritime Indonesia, " Pelabuhan Pintu Ekonomi Nasional dan Internasional."

PT IPC Terminal Petikemas (TPK), mengabarkan mendapat penghargaan internasional. Anak Subholding Pelindo Terminal.Petikemas (SPTP) ini  satu-satunya operator terminal dari Indonesia yang meraih penghargaan  di Dubai pada September 2022.

Perusahaan plat merah ini meraih penghargaan sebagai Customer Value Creator Port/Terminal of the Year 2022. Penghargaan diberikan atas prestasi pada inovasi operasi dan pelayanan dan diserahkan pada ajang internasional The Sixth Global Ports Forum Awards 2022.

Baca Lainnya :

Hingga Oktober 2022, IPC TPK telah meraih 17 penghargaan dari delapan ajang penghargaan dari dalam negeri maupun luar negeri.

Direktur Utama PT IPC TPK David Sirait menyatakan IPC TPK menjadi satu-satunya perwakilan operator terminal dari Indonesia yang mendapatkan penghargaan pada ajang The Sixth Global Ports Forum Awards 2022.

"Penghargaan ini menjadi simbol apresiasi dan pengakuan internasional atas kinerja pelayanan IPC TPK" ungkap David Sirait melalui siaran pers, Selasa (18/10/2022).

David mengungkapkan, setelah merger Pelindo, IPC TPK langsung melakukan berbagai langkah strategis. Langkah tersebut antara lain mendatangkan 9 shipping line baru, maupun membuka layanan bongkar muat sejumlah pelayaran langsung atau direct call.

Adapun 9 layanan baru yang bersandar di IPC TPK yaitu Kaiso Line, Mediterranian Shipping Company (MSC), Meratus Line, Bengal Tiger Line, Gold Star Line, Regional Container Lines (RCL), dan Kalypso Compagnia Di Navigazione (KCN).

PELAYARAN LANGSUNG

Diungkapkan David, IPC TPK juga mulai melayani sejumlah pelayaran langsung atau direct call guna memangkas biaya logistik dan transit time. Pertama kali, IPC TPK melayani bongkar muat kontainer MV Atlantic Pioneer yang berlayar langsung ke Persian Gulf.

Selanjutnya, pelayanan direct call dengan bersandarnya MV MSC Tianshan dengan LOA 334 meter milik pelayaran MSC yang dilayani oleh IPC TPK. Saat itu, jumlah peti kemas yang dilayani memcapai 2.000 boxes empty container. Ini sejalan dengan program pemerintah mengatasi kelangkaan peti kemas dalam negeri.

Pada Juni 2022 lalu, IPC TPK juga meraih rekor baru dengan melayani MV Hammonia Lipsia milik pelayaran KCN yang berlayar langsung menuju dataran Mediterrania di Eropa.

Diungkapkan David, produktivitas terminal terus ditingkatkan melalui digitalisasi sistem operasional dan pelayanan berbasis planning and control. Tujuannya, mendukung upaya Pelindo dalam mendorong sektor transportasi dan pergudangan. Selain itu jug mendukung pemerintah dalam menekan biaya logistik nasional dengan memangkas Port Stay & Cargo Stay di pelabuhan dengan pelayanan Berthing on Arrival. (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook