Asyik... Perjalanan Historis Naik Kereta dari Bogor-Sukabumi Bakal Terwujud

By Indonesia Maritime News 04 Apr 2022, 09:12:07 WIB Perhubungan
Asyik... Perjalanan Historis Naik Kereta   dari Bogor-Sukabumi Bakal Terwujud

Keterangan Gambar : Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau jalur ganda KA Bogor-Sukabumi. Foto:Dok: Kemenhub


Indonesiamaritimenews.com ( IMN),JAKARTA- Bagi warga yang akan ke Sukabumi dari Bogor menggunakan kereta api (KA), boleh lega. Karena pelayanan KA Bogor – Sukabumi ditargetkan beroperasi kembali pada pekan depan, tepatnya pertengahan April 2022. 

Dibukanya kembali kereta api yang menghubungkan dua kota tersebut setelah jalur ganda kereta api Bogor (Stasiun Paledang) menuju Stasiun Cicurug, Kabupaten Sukabumi dioperasikan. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, telah  melakukan inspeksi pengoperasian jalur ganda tersebut pada Minggu (3/4/2022)

Menhub mengatakan, pelayanan KA Bogor – Sukabumi ditargetkan beroperasi kembali pada pekan depan. Kereta api lintas Bogor – Sukabumi, menurut Budi Karya adalah satu perjalanan yang penuh histori dan secara ekonomis banyak melayani pergerakan masyarakat maupun barang. 

Baca Lainnya :

“Oleh karenanya, kami membangun jalur ganda dan melakukan sejumlah rekayasa guna mengurangi ketinggian jalur kereta, agar kapasitas bertambah dan kecepatannya meningkat,” jelas Menhub.

Menhub mengatakan, setelah membangun jalur ganda, akan membangun atau merevitalitasi stasiun-stasiun yang melayani lintas Bogor-Sukabumi dengan konsep heritage. Hal ini bertujuan agar bisa menjadi daya tarik wisata bagi masyarakat di Jakarta, Bogor, Sukabumi, dan sekitarnya.

“Di kawasan Cicurug ini sejarahnya dulu adalah pusatnya para seniman. Jadi kami ingin mengembangkan stasiun ini sekaligus akan mewadahi karya-karya para seniman seperti lukisan di kayu jati, dan lain sebagainya,” ujar Menhub.

MENYAMBUT BAIK 

Pada kesempatan yang sama, Walikota Bogor Bima Arya menyatakan masyarakat Bogor, Sukabumi dan sekitarnya, menyambut baik kehadiran kembali pelayanan kereta api Bogor-Sukabumi. “Karena banyak pertalian keluarga antara daerah Bogor dengan Sukabumi, juga aktivitas perkantoran dan perdagangan yang terhubung,” jelasnya.

Bima Arya juga mengapresiasi Kemenhub yang menghubungkan kereta api dengan wisata kesejarahan yang ada di sepanjang jalur kereta Bogor-Sukabumi. “Di Bogor nantinya akan ada wisata sejarah Batutulis yang diintegrasikan dengan stasiun melalui konsep Transit on Developmet/TOD Batutulis, " kata Bima Arya.

SUDAH DINANTI

Senada dengan Walikota, Wakil Bupati Kabupaten Sukabumi Iyos Soemantri mengatakan, masyarakat Sukabumi dan sekitarnya sudah sangat menanti kehadiran kembali pelayanan kereta api lintas Bogor-Sukabumi, yang diharapkan bisa mengembangkan potensi wisata yang ada, seperti geopark, dan sebagainya dan juga menumbuhkan perekonomian masyarakat. 

“Kehadiran kereta api juga akan mengurangi tingkat kemacetan jalan. Kami harapkan ke depan angkutan barang dari dan ke Sukabumi bisa beralih menggunakan kereta api,” ungkapnya.

Pembangunan jalur ganda Bogor-Cicurug-Sukabumi merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan pembiayaan yang berasal dari Surat Berharga Syariah Nasional dan APBN multiyears/tahun jamak.

Adapun lintasan jalur ganda Bogor - Sukabumi dengan total sepanjang 57,650 kilometer spoor (km’sp) ini telah selesai dikerjakan sepanjang 26,6 km’sp pada segmen Paledang Bogor - Cicurug. Sedangkan untuk segmen parsial Cicurug – Sukabumi dengan total sekitar 31,05 km’sp rencananya akan dikerjakan pada tahun ini.

MEMANGKAS WAKTU

Kehadiran KA Bogor – Sukabumi yang nantinya akan dioperasikan oleh PT KAI ini, akan memangkas waktu tempuh perjalanan dari yang semula lebih dari 100 menit menjadi sekotar 80 menit saja. Selain itu, jalur ganda ini meningkatkan frekuensi KA penumpang dari 6 trip menjadi 12 trip dan frekuensi KA barang dari 2 trip menjadi 8 trip. Selain itu, juga dapat meningkatkan jumlah rangkaian dari 6 menjadi 8 rangkaian.

Pada tinjauannya ke Stasiun Cicurug, Menhub mendapat karya lukisan dari seniman lokal Cicurug yang dibuat dari daun jati. Menhub beserta jajaran Pemerintah Bogor dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi juga membagikan paket sembako kepada masyarakat sekitar Stasiun Cicurug.

Turut hadir dalam uji coba dan peninjauan tersebut Walikota Bogor Bima Arya, Wakil Bupati Kabupaten Sukabumi Iyos Soemantri, Dirjen Perkeretaapian Zulfikri, dan jajaran Direksi PT. KAI. ( Arry/ Oriz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook