Mantap, Ada Mudik Gratis! 500 Bus dan Truk Disiapkan Kemenhub

By Indonesia Maritime News 03 Apr 2022, 12:50:37 WIB Perhubungan
Mantap, Ada Mudik Gratis!   500 Bus dan Truk Disiapkan Kemenhub

Keterangan Gambar : Ilustrasi mudik gratis sepeda motor. Foto: dok. Setkab


Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA: Warga perantau yang ingin mudik Lebaran, tahun ini boleh lega. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menyelenggarakan mudik Lebaran gratis.

Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, telah menyiapkan 500 unit bus, serta truk angkutan untuk mengangkut sepeda motor dari DKI Jakarta ke beberapa kota tujuan pemudik. Mudik gratis ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan sepeda motor sebagai transportasi mudik. 

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, awalnya pemerintah tidak menyiapkan mudik gratis dalam anggarannya selama setahun ke depan. Namun, kebijakan tersebut berubah guna mengalihkan kecenderungan penggunaan sepeda motor yang angkanya selalu tinggi. 

Baca Lainnya :

"Arahan Pak Menteri Perhubungan untuk mengalihkan kecenderungan sebagian masyarakat menggunakan sepeda motor, untuk minimal kita ada upaya agar mereka tidak menggunakan sepeda motor. Jadi kita siapkan dan mudik gratis tahun ini kita selenggarakan," ucap Budi, dikutip Minggu (3/4/2022).

Untuk Jawa Barat, angkutan mudik gratis akan melayani perjalanan ke Cirebon, Tasikmalaya, Kuningan, dan Garut. "Diperkirakan [angkutan] yang dari [Kementerian] Perhubungan ini akan membawa penumpang sekitar 22.500 masyarakat yang akan mudik gratis," lanjutnya.   

Kemenhub juga telah menggandeng sejumlah kementerian/lembaga dan perusahaan untuk turut berpartisipasi dalam penyelenggaran mudik gratis. Di antaranya Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Kementerian BUMN, dan swasta untuk menyediakan layanan mudik gratis bagi masyarakat.

Budi memperkirakan, angkutan dari Kementerian Perhubungan akan membawa penumpang sekitar 22.500 masyarakat yang akan mudik gratis, ke kota kota tujuan masing-masing.( Arry/Oriz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment