Wuiih... Indonesia Kembangkan Induk Udang Vaname Unggul, Memenuhi Target Nasional 2 Juta Ton

By Indonesia Maritime News 12 Apr 2022, 12:49:30 WIB Maritim
Wuiih... Indonesia Kembangkan Induk Udang Vaname Unggul, Memenuhi Target   Nasional 2 Juta Ton

Keterangan Gambar : Udang unggulan. Foto: Dok. KKP


Indonesiamaritimenews.com ( IMN),JAKARTA: Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) Kementerian Kelautan dan Perikanan akan mengembangkan  induk udang Vaname unggulan untuk memenuhi produksi nasional udang dan ekspor.

DJPB akan menggandeng Oceanic Institute of Hawaii Pacific University, lembaga riset di Honolulu. Tujuannya, mengembangkan induk udang unggul agar Indonesia dapat memproduksi induk vaname secara mandiri.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Tb Haeru Rahayu mengatakan kerjasama tersebut juga bertujuan memuluskan program pemuliaan induk udang unggul, atau National Shrimp Breeding Program, sebagai prime mover untuk menghasilkan induk udang vaname unggul.

Baca Lainnya :

Tebe, sapaan Tb Haeru Rahayu, menunjuk Balai Produksi Induk Udang Unggul dan Kekerangan (BPIU2K) Karangasem, Bali sebagai Nucleus Center yang berperan sebagai ujung tombak DJPB KKP dalam menyediakan induk udang vaname yang unggul dan berkualitas di Indonesia. Sedangkan, BPBAP Takalar dan BPBAP Ujung Batee sebagai Multiplication Broodstock Center (MBC).

“Mari kita tunjukkan bahwa BPIU2K di Karangasem ini betul-betul bisa menjawab tantangan saat ini yang sedang KKP canangkan yakni program terobosan pengembangan perikanan budidaya yang berorientasi ekspor dengan komoditas unggulan salah satunya adalah udang. Serta dalam rangka pencapaian target produksi udang nasional menjadi 2 juta ton pada tahun 2024,” jelas Tebe dalam keterangan tertulis Selasa (12/4/2022).

Menurutnya, saat ini BPIU2K Karangasem telah memiliki fasilitas, di antaranya Nucleus Center sebagai tempat proses produksi benih udang vaname. Kemudian Tambak Uji Performa untuk tempat proses uji multilokasi udang vaname, serta fasilitas Multiplication Center sebagai tempat pembesaran calon induk dan induk udang vaname.

“Di Balai Karangasem, ada dua pendekatan strategi yang sudah dilakukan yaitu seleksi famili dan seleksi individu,” sambung Tebe.

HIBAH
Selain itu, DJPB juga telah menjalankan Program Naupli Center Vaname, di mana DJPB bekerja sama dengan PT. Bibit Unggul (Udang Global Gen). Perusahaan ini memberikan hibah 1.400 pasang induk vaname untuk dikelola di 3 UPT sebagai naupli center, yaitu BBPBAP Jepara, BPBAP Situbondo dan BPBAP Takalar.

Dalam Program Naupli Center Vaname bahkan BBPBAP Jepara sudah menerima hibah 600 pasang induk udang vaname dari PT. Bibit Unggul pada awal Maret 2022. Sementara untuk BPBAP Situbondo dan BPBAP Takalar, masing-masing akan mendapat 400 pasang induk di awal Juni 2022.

Sementara itu, Kepala Balai Produksi Induk Udang Unggul dan Kekerangan (BPIU2K) Karangasem, Wendy Tri Prabowo menyampaikan Indonesia bisa mengembangkan induk udang vaname unggul yang berkualitas. Bahkan saat ini, BPIU2K Karangasem sudah mengembangkan induk udang vaname Dewata TL+ dengan karakter adaptif terhadap tantangan lingkungan/kondisi lokal.( Riz/ Oriz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook