Siap-siap! 23 Pintu Tol Rawan Macet Saat Arus Mudik Lebaran

By Indonesia Maritime News 14 Apr 2022, 16:37:31 WIB Pelabuhan
Siap-siap! 23 Pintu Tol Rawan Macet   Saat Arus Mudik Lebaran

Keterangan Gambar : Ilusttasi Pintu Tol Macet.Foto: Dok.Indonesiamaritimenews.com


Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA: Mudik Lebaran selalu identik dengan kemacetan lalu lintas. Tahun 2022 ini, aktivitas mudik diprediksi masih diwarnai kemacetan karena jumlah pemudik diperkirakan mencapai 85 juta jiwa, naik sekitar 65 persen.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memprediksi akan ada 23 pintu tol yang menjadi lokasi rawan terjadinya kemacetan. Hal ini diungkapkan Kapolri dalam rapat koordinasi lintas sektoral di Mabes Polri, Kamis (14/4/2022).

"Ada 23 gate tol yang rawan terjadi kepadatan," kata Kapolri. Lokasi tersebut tersebar di wilayah Banten sebanyak 2 titik, wilayah hukum Polda Metro Jaya sebanyak 2 titik, Jawa Barat 7 titik, Jawa Tengah 6 titik, dan Jawa Timur 6 titik.

Baca Lainnya :

Selain di jalan tol, dia menuturkan juga ada 6 titik bottleneck atau penyempitan jalur yang akan menjadi lokasi kepadatan. Kepadatan lalu lintas, menurut Kapolri telah diprediksi dan merupakan salah satu permasalahan selama masa arus mudik. 

Enam titik bottleneck atau penyempitan jalur yang menjadi lokasi kepadatan antara lain:

Di Tol Jakarta-Merak KM 26, selain itu arah Cikampek yang dimulai dari KM48 hingga KM50 yang mengalami perubahan dari 5 jalur menjadi 3 jalur. Titik lainnya di Tol Cikampek KM31-KM37 mengalami perubahan dari 4 jalur menjadi 3 jalur.

Lokasi lainnya,  KM70 hingga KM72 yang mengalami penyempitan dari 3 jalur menjadi 2 jalur. Lalu, pada saat arus balik arah Jakarta dari KM54 yang semula 5 jalur menjadi 3 jalur.

"Ini adalah potensi-potensi perlambatan dan juga potensi kemacetan yang arus kita urai," kata mantan Kapolda Banten ini.

PUNCAK KEMACETAN 

Puncak kemacetan akan mulai terlihat sejak 28 April atau H-4 sebelum hari libur. Kapolri mengatakan, kepadatan akan semakin parah pada H-3 dan H-2, sedangkan H-1 Idul Fitri arus lalin tetap padat namun tidak sepadat pada 29 April dan 30 April.

Kapolri meminta jajarannya menyiapkan skema penguraian lalu lintas serta dapat memaksimalkan pos pengamanan di sekitar jalan tol. Karena antusiasme masyarakat untuk mudik tahun ini akan sangat besar mengingat sudah dua tahun warga tidak mudik Lebaran karena pandemi Covid-19.      ( Arry/ Oriz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment