Semoga Ongkos Bus Gak Mahal,Kemenhub Awasi Kelaikan Armada Mudik dan Harga Tiket.

By Indonesia Maritime News 08 Apr 2022, 08:49:35 WIB Perhubungan
Semoga Ongkos Bus Gak Mahal,Kemenhub Awasi  Kelaikan Armada Mudik dan Harga Tiket.

Keterangan Gambar : Bus Damri siap mengantar pemudik.Foto: indonesiamaritimenews.com


Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Antusias masyarakat untuk mudik ke kampung cukup tinggi diperkirakan mencapai 70 jutaan kendati  masa Pandemi Covid19 membuat daya beli masyarakat menurun, pemudik berharap harga tiket tak mahal dan selamat sampai di  kampung halaman.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi melonjaknya pemudik yang akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah di kampung halaman tahun ini.

Baca Lainnya :

Pemerintah telah menerbitkan empat Surat Edaran (SE)  Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Dalam Negeri merujuk pada terbitnya SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022. SE tersebut yakni: SE 36 (transportasi udara), SE 37 (transportasi laut), SE 38 (transportasi darat), dan SE 39 (transportasi perkeretaapian).

Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus meminta Kemenhub bersama stakeholder  mengoptimalkan koordinasi dan sinergi lintas sektoral dalam persiapan dan pelaksanaan penyelenggaraan angkutan mudik lebaran tahun 2022.

Selain itu, Komisi V DPR RI juga meminta Kemenhub memperhatikan sejumlah hal yakni: memastikan kelaian sarana angkutan di semua moda dan keberlanjutan pelayanan angkutan. Selain itu meningkatkan kualitas pelayanan dan pengawasan terhadap prokes di simpul-simpul transportasi (pelabuhan, bandara, terminal, dan stasiun), dan mengoptimalkan pengawasan terhadap fluktuasi harga tiket.

Kemenhub  berjanji akan  memastikan kelaikan sarana angkutan di semua moda transportasi dengan melakukan ramp check, termasuk pemeriksaan kesehatan SDM dan juga pengawasan tarif angkutannya (harga tiket).

 Selanjutnya, untuk meningkatkan aspek keselamatan dan mengurangi jumlah pemudik yang akan menggunakan kendaraan pribadi (sepeda motor), Kemenhub akan memfasilitasi program mudik gratis.

“Mudik tahun ini menjadi tantangan yang besar yaitu dengan animo masyarakat yang tinggi untuk melakukan mudik. Untuk itu, kami di bawah koordinasi Menko PMK selaku koordinator penyelenggaraan mudik Lebaran, telah melakukan koordinasi yang intensif antar unsur terkait, agar terwujud Mudik Aman dan Mudik Sehat,” kata Menhub.

 Fitrah  (30) tahun mengaku tak sabar pulang ke kampung halaman  istrinya di Lamongan, Jatim. Lelaki yang selalu ditugaskan perusahaannya   di berbagai kota ini berhap dapat Bus yang laik jalan,” Ngak mogok . Pokoknya busnya sehat dan selamat sampai kampung,tiket bus gak mahal, ngak naik berkali lipat,” harap lelaki berkulit kuning langsat ini. (arry/Oriz)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment