Paus Bungkuk Menghebohkan Itu Akhirnya Ditenggelamkan KKP

By Indonesia Maritime News 07 Apr 2022, 11:02:19 WIB Hiburan
Paus Bungkuk Menghebohkan  Itu Akhirnya Ditenggelamkan KKP

Keterangan Gambar : Paus Bungkuk.Foto: Humas KKP


 Indonesiamaritimenews.com (IMN),(JAKARTA: Kehadiran mamalia  ini sempat menghebohkan. Ukuran cukup besar 15 meter. Ia ditemukan di perairan Sampang. Namanya jarang terdengar. Inilah dia, Paus Bungkuk.Nama yang menggambarkan bentuk tubuhnya.

Paus Bungkuk terdampar  di wilayah perairan Indonesia, masuk area  perairan Desa Dharma Camplong, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Provinsi Jawa Timur pada akhir Maret lalu (30/3/2022). Sayang, kehadirannya  sudah menjadi bangkai. Paus ini awalnya  ditemukan pada jarak sekitar 1 mil dari pantai Desa Camplong dengan kedalaman 7 meter.

Kepala BPSPL Denpasar Permana Yudiarso menjelaskan awalnya informasi paus terdampar yang diduga Paus Bungkuk (Megaptera novaeangliae) diterima oleh Ketua Pokmaswas Dharma Bahari Camplong dari seorang nelayan yang sedang mengangkat jaring ke laut sekitar pukul 06.00 WIB dan melapor ke petugas Pos Keamanan Laut Terpadu (Kamladu) Camplong, Kabupaten Sampang

Baca Lainnya :

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) yakni Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar Wilayah Kerja (Wilker) Jawa Timur merespon,  langsung menangani bangkai paus bersama petugas dan masyarakat setempat.

Komandan Pos (Danpos) melihat kondisi bangkai sudah mengalami pembusukan tingkat lanjut, ukuran yang besar serta sarana dan prasarana yang terbatas, maka diputuskan bangkai paus ditarik dan ditenggelamkan ke tengah laut.

Lalu bangkai si Paus Bungkuk, pada pukul 15.00 WIB, ditarik dengan kapal ke tengah Selat Madura sejauh 3 mil dan ditenggelamkan dengan pemberat di titik koordinat 07° 15' 09" LS dan 113° 20' 32" BT atau -7.25250000, 113.34222222 pada kedalaman 25 meter sehingga tidak akan terbawa arus kembali ke pantai dan diharapkan bangkai paus tidak akan mengganggu aktivitas nelayan,” terang Yudi.

Tim Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur, BPSPL Denpasar Wilker Jatim, Danposkamladu Camplong dan Pokmaswas Dharma Bahari tak membiarkan begitu saja setelah ditenggelamkan, tetapi terus  melakukan pemantauan, datang kembali ke lokasi. Bangkai Paus Bungkuk yang ditenggelamkan itu kini dalam kesendirian. Ia sudah  ditenggelamkan. Jangkar menekannya kuat dibawah permukaan laut sampai ia terurai ... (Riz/Oriz)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment