PRAMARIN Banten Gandeng Asuransi Swasta Beri Perlindungan Sosial Nelayan

By Indonesia Maritime News 04 Mei 2024, 09:54:03 WIB Maritim
PRAMARIN Banten Gandeng Asuransi Swasta Beri Perlindungan Sosial Nelayan

Keterangan Gambar : Ketua DPD PRAMARIN Banten menandatangani MoU dengan perusahaan asuransi untuk melindungi nelayan. Foto: property of indonesiamaritimenews.com.



Indonesiamaritimenews.com (IMN),BANTEN: PRAMARIN Banten upayakan perlindungan sosial kepada nelayan bekerjasama dengan perusahaan asuransi nasional. Perlindungan sosial diperlukan karena banyak kecelakaan nelayan di laut dan tidak mendapatkan perlindungan sosial pemerintah.

Demikian di sampaikan Khoirul Umam, Ketua DPD Praktisi Maritim Indonesia ( PRAMARIN) Banten dalam sambutannya pada acara pengukuhan para pengurus PRAMARIN Banten di Kota Serang, Jumat (3/5/2024).

Baca Lainnya :

"Tingginya risiko kerja nelayan harus mendapatkan perlindungan sosial, beberapa program perlindungan sosial dari pemerintah tidak dapat mengcover resiko kerja nelayan, disamping syarat keselamatan pelayaran untuk kapal-kapal nelayan juga kami dampingi sehingga resiko keselamatan pelayaran bisa diantisipasi," ungkap Umam.

Penyerahan simbolik Polish Asuransi Nelayan di laksanakan kepada Perwakilan nelayan dari Serikat nelayan Nahdlatul Ulama ( SN NU) Banten, sekaligus saat pelantikan pengurus PRAMARIN Banten Jumat, 3 Mei 2024 di Aula Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten.

"Kami akan ajak, pelaku industri di banten yang sepanjang pantai dan laut di banten untuk turut serta memberikan perlindungan sosial ini, sehingga Nelayan tidak merasa kehilangan perhatian dari pelaku industri yang bisa menimbulkan masalah sosial baru terutama soal kesejahteraan nelayan," ppar umam.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua umum DPP Pramarin, Capt. Datep Purwasasmita yang mengukuhkan para pengurus DPD PRAMARIN Banten periode 2024-2027.

KERJASAMA DENGAN UPI

PRAMARIN Banten juga meken MoU dengan UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) untuk mendirikan Lembaga Sertifikasi Profesi ( LSP) Bidang Kemaritiman.

PRAMARIN merupakan wadah Praktisi Maritim baik dari pelayaran, kepelabuhan dan Perikanan, untuk menggali potensi Maritim Banten dan meningkatkan profesionalitas para praktisi Maritim bekerjasama dengan UPI Kampus Serang  mendirikan LSP.

UPI Kampus Serang telah memiliki Prodi Logistik Kelautan, Sistem Informasi Kelautan dan Pendidikan Kelautan dan Perikanan. Demikian Di sampaikan Khoirul Umam Ketua DPD Praktisi Maritim Indonesia ( PRAMARIN) Banten, Serang, 03/5.

Melalui LSP ini akan memfasilitasi pelatihan dan Standardisasi tenaga kerja atau praktisi Maritim di Banten untuk meningkatkan profesionalitas kerjanya.

Penandatanganan Kesepahaman pembentukan LSP dilaksanakan sekaligus dengan Pelantikan pengurus PRAMARIN Banten, Jumat, 03 Mei 2024 di Aula Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten. (Riz/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook