Perempuan Bisa Terbang, Pilot Kawakan Berbagi Ilmu dengan Wanita Penerbang TNI AL

By Indonesia Maritime News 30 Jun 2023, 08:29:38 WIB Hankam
Perempuan Bisa Terbang, Pilot Kawakan Berbagi Ilmu dengan Wanita Penerbang TNI AL

Keterangan Gambar : Captain Pilot Monika Anggraini dan Laksda TNI Imam Musani. Foto: Dispenal


Indonesiamaritimenews.com (IMN),SURABAYA: Dua penerbang muda wanita TNI AL yang berdinas di Skuadron 400 dan 600, Wing Udara 1, Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) terus menimba ilmu. Keduanya memperoleh wawasan dan motivasi dari penerbang senior wanita Indonesia, Captain Pilot Monika Anggraini.

Letda Laut (P/W) Raden Roro Mia Khuzaimah Hanun, S.Tr.Han dari Skuadron 600 dan Letda Laut (P/W) Virnanda Steffy Aulia, S.Tr.Han dari Skuadron 400 didampingi Komandan Wing Udara 1 Puspenerbal, Kolonel Laut (P) Dani Achnisundani, mengikuti vicon pembekalan seluruh pilot di jajaran Penerbangan TNI AL.

Dalam keterangan tertulis TNI AL Rabu (28/6/2023), kedua perwira tersebut mengikuti pembekalan di ruang operasi Skuadron 400 Wing Udara 1, Puspenerbal, Tanjung Pinang, pekan ini. Pembekalan bertajuk "Perempuan Bisa Terbang" dipusatkan di Wisma Perwira Lanudal Juanda, Surabaya, Jatim.

Baca Lainnya :

Acara dibuka oleh Komandan Puspenerbal Laksda TNI Imam Musani dengan menghadirkan narasumber wanita pilot senior Indonesia, Captain Pilot Monika Anggraini yang bertugas sebagai penerbang di Air Asia.

Danpuspenerbal mengatakan, narasumber untuk hadir di acara ini memerlukan upaya yang luar biasa. Sebelum mengisi materi, Captain Pilot Monika harus terbang dari Singapore - Surabaya. Setelah landing ia langsung menyempatkan waktu untuk mengisi kegiatan sharing dan tatap muka di Wispa Lanudal Juanda. 

Menurut Danpuspenerbal, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kebanggaan dan motivasi dalam bertugas, terutama untuk wanita penerbang di jajaran Puspenerbal.

Penerbang wanita di Indonesia lanjut Danpuspenerbal, masih terbilang langka. Wanita penerbang adalah sosok yang luar biasa dan sosok yang terpilih. Karena menurut data yang di sampaikan oleh Captain Monika, pilot wanita di Indonesia ini hanya 3,4% saja.

Untuk itu, Danpuspenerbal menekankan kepada seluruh pilot di jajaran Puspenerbal termasuk dua wanita penerbang muda, untuk terus sharing guna menimba ilmu, wawasan dan motivasi dari pilot pilot senior Indonesia.

"Tidak mudah untuk menjadi seorang pilot. Oleh sebab itu kita perlu berbangga memiliki Penerbang wanita yang handal dan profesional dalam menjalankan tugasnya melindungi kedaulatan Indonesia," tandas Laksda Imam Musani. (Fat/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook