Pelabuhan Lembar dan Gili Mas Bersolek Mempercantik diri Menyambut Penonton MotoGP Mandalika

By Indonesia Maritime News 18 Feb 2022, 17:47:37 WIB Perhubungan
Pelabuhan Lembar dan Gili Mas  Bersolek Mempercantik diri   Menyambut  Penonton MotoGP Mandalika

Keterangan Gambar : Pelabuhan Lembar


Indonesiamaritimenews.com   ( IMN),LOMBOK: Gelar MotoGP akan dimulai di Qatar pada Maret 2022. Rangkaian perhelatan akbar ini,  Indonesia kebagian menjadi tuan rumah pada 20 Maret 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).  Para pebalap dunia sudah mengikuti tes pra musim 11-13 Februari 2022 lalu.

Gaungnya mendunia, dalam dan luar negeri. Sudah pasti daya tariknya menyebar ke se antero negeri.

Baca Lainnya :

Sarana prasarana menuju lokasi pun dibuat dan dipercantik serta dipermudah. Bila sebelumnya indonesiamaritimenews.com mengabarkan Damri menyediakan bus sebanyak 97 unit dengan tarif nol persen alias gratis ke MotoGP Mandalika, kini pelabuhan pun 'bersolek' , berbenah diri  agar enak dipandang serta mempermudah bagi yang datang melintas menuju MotoGP Mandalika.

Pelabuhan Lembar dan Gili Mas pun tak ketinggalan, berbenah dan membuka berbagai jalur laut kelokasi agar menjadi lebih banyak dan mempermudah kedatangan para penonton yang sekaligus juga melancong.

Plt Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Pehubungan (Kemenhub), Arif Toha menjelaskan  Pelabuhan Lembar akan digunakan sebagai pelabuhan utama. "Pelabuhan Lembar, sudah memiliki fasilitas baru terminal Gili Mas. Jarak terminal Gilimas tersebut menuju sirkuit Mandalika  50 km atau dengan waktu tempuh 1 jam," kata Arif dalam penjelasannya, Rabu (26/2/2022). Sedangkan jarak ke bandara sekitar 36 kilometer dengan waktu tempuh sekira 50 menit.

Pelabuhan Gili Mas akan mendukung sektor transportasi udara laut. Jarak Terminal Gili Mas ke Pelabuhan Lembar sekitar 7 kometer dengan waktu tempuh 15 menit. Menurut Arif, pelabuhan dan Terminal Gil Mas ini kapasitas tambatnya sangat besar. "Karena dapat digunakan untuk melayani kapal cruise luar negeri atau sebesar 1.500 wisatawan asing,” ungkap Arif.

Selain pelabuhan dan terminal, disiapkan juga 2 unit kapal RoRo dengan rute pelayaran Surabaya – Lembar PT Damai Lautan Nusantara dan 1 unit kapal RoRo PT Dharma Lautan Utama. Kemudian mengalokasikan sebanyak 1 unit kapal RoRo PT Pelni untuk rute pelayaran Surabaya – Lembar – Waingapu.

“Rute lainnya adalah Benoa-Lembar-Bima yang disediakan oleh Kapal Penumpang Pelni. Rute Tanjung Wangi – Lembar yang disediakan oleh 3 kapal PT Atosim Lampung Pelayaran,” pungkasnya.

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Lembar, juga mengerahkan 1 Unit Kapal Patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) KNP. 345. Tujuannya, untuk menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran dalam mendukung kelancaran pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022.

Nah...bagi yang penggemar balapan motor yang sudah tak sabar ingin beranjangsana kesana sudah bergegas. Bagi yang ingin menggunakan jalur laut catatlah jalur yang sudah disiapkan.

Semakin jauh berjalan semakin banyak  yang dilihat.Ketika Anda ke Mandalika melalui laut akan melihat si 'pesolek' Pelabuhan Lembar dan Gili Mas serta pemandangan indah alam sekitar  ciptaan Allah SWT  yang patut kita syukuri.
( Oriz/ M.Arifin Mukendar)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment