Menteri Perdagangan Ancam Pelaku Usaha Timbun Minyak Goreng

By Indonesia Maritime News 17 Feb 2022, 22:59:02 WIB Ekonomi
Menteri Perdagangan Ancam Pelaku Usaha Timbun Minyak Goreng

Keterangan Gambar : Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi berdialog dengan pedagang saat sidak ke Makassar, Sulsel, Kamis (17/2/2022). Foto: dokumen Kemendag.


IndonesiamaritimenèwßMAKASSAR: Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengancam pelaku usaha yang nekat menimbun minyak goreng. Jajaran Kemendag akan mengambil langkah hukum kepada pelaku penimbun minyak goreng. 

Hal ini ditegaskqn Lutfi saat melakukan sidak ke sejumlah pasar di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (17/2/2022).

“Saya ingatkan sekali lagi bahwa Kementerian Perdagangan pasti akan tegas menyeret para pelaku nakal penimbun minyak goreng ke ranah hukum,” tegas Lutfi dengan nada tinggi. Dalam kegiatan sidak tersebut, Mendag didampingi Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag Indrasari Wisnu Wardhana. 

Baca Lainnya :

Sejumlah pejabat daerah yang ikut mendampingi antara lain Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Abdul Hayat Gani dan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto.ò Mendag melakukan sidak untuk mengetahui kondisi di lapangan. Ia juga sempat berdialog dengan sejumlah pelaku usaha.

Rombongan Mendag memantau dua pasar, yaitu Pasar Terong, Wajo Baru, Bontoala. Lalu ke Pasar Pabaeng-baeng, Tamalate. Mendag melihat, minyak goreng curah dengan harga terjangkau masih tersedia di pasar. 

Namun minyak goreng  kemasan premium dan sederhana masih sulit ditemukan. "Mudah-mudahan paket premium datang merk Filma siang ini dari pelabuhan. Saya meminta kepada distributor untuk menyebarkan ke seluruh pedagang," kata Mendag.

Ia melihat harga minyak goreng  curah sudah berada di level Rp11.500/liter. Lutfi senang karena sejumlah pedagang sudah mengikuti harga eceran tertinggi (HET) yang diatur pemerintah.

Kebijakan  yang dikeluarkan pemerintah, kata Lutfi, memang memerlukan waktu untuk menyesuaikan harga. Karena itu Mendag sidak ke Makassar untuk memastikan distribusi lancar dan barang tersedia.  ( Fat/Oriz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment