8 Kapal Disiapkan Kemenhub Angkut Penonton MotoGP Mandalika

By Indonesia Maritime News 16 Feb 2022, 21:13:03 WIB Perhubungan
8 Kapal Disiapkan Kemenhub Angkut Penonton MotoGP Mandalika

Keterangan Gambar : Ilustrasi kapal ferry roro. Foto: indonesiamaritimenews.com/Oriz


Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA: Sedikitnya 8 kapal disiapkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mengangkut penonton MotoGP Mandalika.  Perhelatan akbar ini akan digelar pada 18-20 Maret 2022.

Seluruh armada laut itu akan menuju ke Pelabuhan Lembar. Hal ini disampaikan oleh Plt Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha, Rabu (16/2/2022). Arif menjelaskan, 8 kapal tersebut akan melayani sejumlah rute  keluar-masuk Mandalika di Pelabuhan Lembar. Selain itu rencana pengoperasian sejumlah kapal tambahan juga sedang disiapkan.

“Pelabuhan yang utama digunakan untuk melayani para penonton maupun official nanti yang gunakan fasilitas transportasi laut adalah Plabuhan Lembar," ungkap Arif.  

Dijelaskan Arif, di Pelabuhan Lembar ada fasilitas baru, terminal baru yang merupakan bagian dari Pelabuhan Lembar. "Jarak Gilimas ke Lembar hanya 7 kilometer kemudian jaraknya ke Mandalika itu sekitar 50 kilometer,” ungkap Arif.

Rinciannya, rute Surabaya-Lembar akan ada 2 unit kapal roro milik PT Damai Lautan Nusantara dan satu uni kapal roro milik PT Dharma Lautan Utama. Kemudian, Surabaya-Lembar-Waingapu akan tersedia satu unit kapal roro milik PT Pelni. Rute Benoa-Lembar-Bima akan disediakan satu uni kapal penumpang milik PT Pelni. Sedangkan rute Tanjung Wangi-Lembar disediakan tiga unit kapal roro milik PT Atosim Lampung Pelayaran.

Selain itu juga disiapkan penerbitan rencana pengoperasian kapal ke Pelabuhan Lembar. Di antaranya 2 unit kapal ferry penumpang milik PT Bali Eka Jaya, 1 unit kapal penumpang dan 1 unit kapal wisata milik PT Walacea Jalesveva Lestari, 1 unit kapal penumpang milik PT Pelayaran Tanji Samudera dan 1 unit kapal wisata milik PT The Tanis Lembongan Ekspres.

Sebelumnya diberitakan indonesiamaritimenews.com ajang MotoGP akqn digelar pada 18-20 Februari di Sirkuit Internasional Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Tes pramusim telah digelar selama tiga hari pada 11-13 Februari lalu. Diperkirakan ajang MotoGP akan menyedot sekitar 100 ribu penonton.( Arry/Oriz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook