Kenakan Pakaian Adat Bangka Belitung, Presiden Jokowi Sampaikan Pidato di Gedung DPR/MPR

By Indonesia Maritime News 16 Agu 2022, 11:41:30 WIB Politik
Kenakan Pakaian Adat Bangka Belitung, Presiden Jokowi   Sampaikan Pidato di Gedung DPR/MPR

Keterangan Gambar : Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Bangka Belitung. Foto Biropers


Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA -:Presiden menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR-RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di gedung Nusantara, Selasa (16/8/2022). Presiden mengenakan pakaian adat Bangka Belitung berwarna hijau lumut. Sedangkan Ibu Iriana mengenakan kebaya panjang bernuansa pink. 

Kedatangan presiden diiringi alunan musik dari marching band Kepolisian Republik Indonesia.

Presiden dijadwalkan dua kali berpidato yaitu  mulai pukul 10.18-11.03 WIB dan dilanjutkan 13.50-14.35 WIB. Sebelum menyampaikan pidato kenegaraan, Ketua DPR Puan Maharini membuka sidang dan menyampaikan sambutan.

Baca Lainnya :

Pidato pertama disampaikan dalam rangka Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022. Pidato kedua dalam rangka Penyampaian Keterangan Pemerintah Atas RUU APBN Tahun Anggaran 2023 Beserta Nota Keuangannya pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2022 - 2023.

Dalam pidato sesi pertama, presiden menguraikan soal kondisi perekonomian yang terus tumbuh. Presiden menyampaikan laporan kinerja lembaga-lembaga negara. Pada akhir pidatonya, Jokowi mengungkapkan tentang pakaian adat yang dikenakannya.

“Baju adat yang saya kenakan ini adalah baju Kepaksian berasal dari Bangka Belitung. Motifnya melambangkan kerukunan, warna hijau kita pilih karena mengaundung filosofi harapan dan pertumbuhan,” ungkap Jokowi disambut tepuk tangan hadirin.

Rangkaian acara ditutup sekitar pukul 11:20 dengan pembacaan doa oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA. Kemudian ditutup dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. 

Sebelumnya, sidang tahunan dibuka dan dipimpin langsung oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet), di gedung Nusantara, kompleks DPR/MPR, Jakarta. Selain dihadiri oleh Presiden Jokowi, sidang juga dihadiri oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, serta jajaran menteri-menteri kabinet Jokowi serta para ketua lembaga. ( Fat/Oriz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment