Buya Syafii Wafat, Presiden Jokowi: Selamat Jalan Sang Guru Bangsa

By Indonesia Maritime News 27 Mei 2022, 16:20:33 WIB Politik
Buya Syafii Wafat, Presiden Jokowi: Selamat Jalan Sang Guru Bangsa

Keterangan Gambar : Presiden Jokowi saat bertemu dengan Buya Syafii. Foto: ist


Indonesiamaritimenews.com ( IMN),JAKARTA:Mantan Ketua PP Muhammadiyah,  Prof Dr H. Ahmad Syafii Maarif tutup usia pada Jumat (27/5/2022). Presiden Joko Widodo, Wapres KH Ma’ruf Amin dan para pejabat negara menyampaikan belasungkawa.

Presiden Jokowi menyampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya Buya Syafii Maarif.  "Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Atas nama pemerintah, rakyat Indonesia, saya menyampaikan belasungkawa yang dalam atas berpulangnya Buya Syafii. Semoga segala amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT, diampuni kesalahannya, dan segenap keluarga yang ditinggalkan sabar dan tabah," kata Presiden, melalui akun Instagram resmi.

Dalam pernyataannya, Jokowi mengenang pertemuan dengan Buya Syafii dua bulan lalu di Sleman. "Dua bulan lalu, saya datang menjenguk Buya Syafii di kediamannya di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, saat beliau baru keluar dari rumah sakit seusai perawatan selama beberapa hari. Saat itu, beliau sudah sehat dan terlihat bugar," kata Jokowi.

Baca Lainnya :

Itulah pertemuan terakhir Presiden Jokowi dengan Buya Syafii, yang disebutnya sebagai cendekiawan muslim yang negarawan itu adalah tokoh bangsa yang dicintai. "Selamat jalan Sang Guru Bangsa," kata Jokowi.

WAPRES BERDUKA

Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga menyampaikan berbelasungkawa atas wafatnya Buya Syafii Maarif. Bangsa Indonesia disebutnya sangat kehilangan sosok guru besar yang dihormati seluruh elemen masyarakat dan lintas agama.

"Innalillahi wainnalilhai rojiun. Bangsa Indonesia kembali berduka atas berpulangnya salah seorang ulama terbaik, guru bangsa Buya Ahmad Syafii Maarif yang berpulang ke rahmatullah hari ini, Jumat 27 Mei 2022 di Yogyakarta," tutur Ma'ruf kepada wartawan, Jumat (27/5/2022).

"Keteladanan beliau wajib kita teruskan sebagai guru bangsa, pemikiran-pemikiran beliau sangat menyejukkan, moderat, dan dapat diterima lintas generasi. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala menerima amal ibadah beliau, mengampuni segala kekhilafannya, dan memberikan tempat yang terbaik di sisinya. Allahummagfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu," kata Ma'ruf.

JUSUF KALLA

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) juga menyampaikan duka cita. 

"Kami sekeluarga dan seluruh pengurus Dewan Masjid Indonesia mencapaikan duka yang paling dalam atas berpulang ke rahmatullah almarhum bapak Syafii maarif yang menjadi guru bangsa negarawan dan pembimbing kita semua," ungkap Jusuf Kalla.

Menurut Jusuf Kalla, bangsa Indonesia akan kehilangan alharhum Buya Syafii, karena sosok beliau sangat berjasa bagi masyarakat Indonesia. "Kehilangan ini merupakan kehilangan bangsa. Karena beliau memikirkan bangsa," ungkap JK. Ia mendoakan agar almarhum Buya Syafii berada di sisi Allah SWT. 

Ucapan belasungkawa juga disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam) RI, Mahfud MD. “Inna lillah wa inna ilaihi raji'un. Tlh wafat Buya Ahmad Syafii Maarif, mantan Ketua PP Muhammadiyah pada hari ini jam 10.15 di Yogyakarta,” tulis Mahfud MD melalui Twitter @mohmahfudmd, Jumat (27/5/2022).

Dalam cuitannya itu, ia mengatakan Indonesia dan umat Islam telah kehilangan seorang tokoh besar. Lebih lanjut, Mahfud juga mendoakan kepada Buya Syafii agar diampuni dosa serta mendapatkan surga.

“Ummat Islam dan bangsa Indonesia kehilangan lagi salah seorang tokoh besarnya. Semoga Buya Syafii diampuni segala dosanya dan mendapat surga-Nya,” katanya.

Ucapan belasungkawa juga datang dari Ketua MUI Muhammad Cholil Nafis. “Inna lillahi wa inna ilahi raji’un,” kata Cholil melalui Twitter @cholilnafis.

Diberitakan indonesiamaritimenews.com sebelumnya, Buya Syafii meninggal dunia di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, Yogyakarta, Jumat (27/5/2022) pukul 10.15 WIB. Almarhum disemayamkan di Masjid Besar Kauman Yogyakarta. Jenazah Buya Syafii Maarif akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Husnul Khotimah Dusun Donomulyo, Kapanewon Nanggulan Kulon Progo, Yogyakarta usai Shalat Ashar.( Fat/Oriz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook