Kemenhub Siapkan 585 Unit Bus Mudik Gratis dan Truk Angkutan Motor

By Indonesia Maritime News 14 Mar 2023, 20:14:51 WIB Perhubungan
Kemenhub Siapkan 585 Unit Bus Mudik Gratis dan Truk Angkutan Motor

Keterangan Gambar : Ilustrasi bus angkutan Lebaran. Foto: Property of Indonesiamaritimenews.com


Indonesiamaritimenews.com ( IMN) JAKARTA: Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyiapkan 585 unit bus pada program Mudik Gratis 2023. Hal inj sebagai upaya menekan angka penggunaan sepeda motor saat mudik Lebaran. 

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno berharap pihaknya program Mudik Gratis Kemenhub ini dapat mencegah masyarakat mudik dengan sepeda motor. "Karena dapat berpotensi meningkatkan angka kecelakaan lalu lintas,” kata Dirjen Hendro dikutip Selasa (14/3/2023). 

Tahun ini Kemenhub menyediakan 24.072 kuota mudik gratis. Rinciannya: 18.528 orang untuk arus mudik dengan 459 bus dan 5.544 orang untuk arus balik dengan 126 bus. Ditjen Hubdat juga menyediakan kuota untuk pengangkutan motor dengan truk secara gratis. 

Baca Lainnya :

Total kuota pengangkutan mudik sepeda motor sebanyak 900 unit. Rinciannya, 450 unit untuk arus mudik dan 450 unit untuk arus balik yang diangkut dengan 30 unit truk yakni 15 unit truk mudik dan 15 unit truk balik. 

Sementara itu, Direktur Angkutan Jalan, Suharto mengungkapkan Kota Tujuan Mudik dan Balik tahun ini sebanyak 28 kota yang tersebar di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, serta wilayah Sumatera.

Rinciannya: 3 kota tujuan di Jawa Barat yaitu Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon. Kemudian Provinsi Jateng- DIY sebanyak 18 Kota yaitu Solo, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, dan Yogyakarta. Selanjutnya 5 kota di Provinsi Jawa Timur yaitu Madiun, Surabaya, Tuban, Malang, dan Tulungagung. Dan terakhir wilayah Sumatera 2 Kota yaitu Lampung dan Palembang.

 “Sementara untuk kota keberangkatan/asal arus balik terdapat 8 kota yaitu Solo, Cirebon, Madiun, Surabaya, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, Yogyakarta. Sedangkan untuk lokasi tujuan Mudik dan Balik bagi pengangkutan Sepeda Motor sebanyak 5 kota yaitu Solo, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, Yogyakarta,” tandas Suharto. (Fat/Oryza) 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook