Bintara Remaja Kolinlamil Siap Mengawaki Kapal Perang

By Indonesia Maritime News 14 Mar 2023, 11:40:49 WIB Nasional
Bintara Remaja Kolinlamil Siap Mengawaki Kapal Perang

Keterangan Gambar : Bintara Remaja mengikuti on job training (OJT) di Komando Lintas Laut Militer. Foto: Dispen Kolinlamil


Indonesiamaritimenews.com (IMN) JAKARTA: Komando Lintas Laut Militer secara resmi membuka pelaksanaan On Job Training (OJT) terhadap 36 Bintara Remaja (Baja) Angkatan ke-42 Gelombang 1 tahun 2023. Bintara ini baru selesai menempuh pendidikan dasar kejuruan di Kodiklatal guna pemantapan wawasan dan pengetahuan tentang kedinasan TNI AL di satuan kerja yang sesungguhnya. 

OJT yang akan dilaksanakan selama satu minggu ke depan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Administrasi dan Personel Kolinlamil, Kolonel Laut (KH/W) Angesti Udiati di gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (13/3/2023).

“OJT pada dasarnya untuk merubah mindset prajurit yang selesai mengikuti pendidikan, agar mereka siap untuk mengabdi di medan juang yang sesungguhnya. Diharapkan dengan OJT tersebut mereka bisa segera beradaptasi di lingkungan yang baru dan tentunya bisa mengaplikasikan semua bekal pengetahuan dan ketrampilan yang telah mereka dapatkan selama menjalani pendidikan pertama sebagai seorang prajurit TNI AL.” ujar Kadisminpers Kolinlamil. 

Baca Lainnya :

Dalam sambutannya, Kadisminpers Kolinlamil menyampaikan bahwa OJT dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari salah satu penekanan dari Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Yayan Sofiyan dalam rangka membentuk prajurit Kolinlamil yang profesional, militan dan bermoral. 

Mereka (Bintara) harus dibekali dengan berbagai pengetahuan tambahan terkait dinas dalam di lingkungan Kolinlamil dan unsur KRI. Termasuk bekal pengetahuan dalam bidang hukum, sehingga sejak awal mereka sudah paham akan aturan hukum dan menjauhi segala bentuk pelanggaran baik disiplin maupun pidana.  

“Lingkungan sosial di satuan kerja merupakan ilmu yang dapat diserap selain buku. Kita sebagai makhluk yang dianugerahi akal pikiran diharapkan mampu membaca, menerjemahkan, memahami dan mentransformasikan ilmu pengetahuan tersebut ke dalam pemahaman yang disederhanakan dan mudah aplikasikan di lingkungan sekitar baik lingkungan kerja maupun pergaulan dan interaksi dengan masyarakat umum.” ujar Kolonel Angesti.

Sebagai seorang prajurit TNI AL yang telah dididik dan dilatih di Lembaga Pendidikan TNI AL, para Bintara Remaja Kolinlamil dituntut harus mampu segera beradaptasi dengan lingkungan kedinasan yang baru. Kuasai bidang tugas dengan berbagai keterampilan dan keahlian khusus untuk meningkatkan kompetensi masing-masing guna mendukung pencapaian tugas satuan.

Hal tersebut merupakan salah strategi dalam pembangunan sumber daya manusia TNI AL yang profesional dan unggul sesuai dengan arahan dari Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali. (RIZ/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook