Kampanye Akbar Prabowo-Gibran, GBK Senayan Jadi Lautan Manusia, SBY Jalan Kaki

By Indonesia Maritime News 10 Feb 2024, 18:44:25 WIB Politik
Kampanye Akbar Prabowo-Gibran, GBK Senayan Jadi Lautan Manusia, SBY Jalan Kaki

Keterangan Gambar : Stadion GBK Senayan, Jakarta,



Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Pasangan Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming membuktikan kekuatan massa pendukungnya. Hal ini tampak dari lautan manusia yang memadati Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta Pusat pada kampanye akbar Sabtu (10/2/2024).

Massa pendukung Prabowo Gibran dari berbagai penjuru datang sejak pagi hari. Massa dari berbagai wilayah di Jakarta datang menggunakan beebagai kendaraan seperti mobil pribadi, menyewa angkot, naik kereta api serta konvoi sepeda motor.

Baca Lainnya :

Dari Jakarta Timur misalnya, konvoi kendaraan sepeda motor memadati ruas jalan menuju arah GBK. Pantauan indonesiamaritimenews.com rombongan dari Jakarta Selaran, Jakarta Barat dan penjuru lainnya juga memenuhi jalan-jalan di ibukota untuk menuju GBK.

"Prabowo Gibran, Prabowo Gibran satu putaran," teriak massa pengendara sepeda motor sambil mengacungkan dua jari. Semakin siang, massa yang semakin membludak.

SBY JALAN KAKI 5 KILOMETER

Saking membludaknya massa, banyak peserta terpaksa harus jalan kaki menuju stadion GBK. Bahkan tidak sedikit tokoh dan pejabat juga terpaksa harus jalan kaki, salah satunya Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

SBY terpaksa harus jalan kaki karena kendaraan yang ditumpanginya tidak bisa menembus massa karena terjebak kemacetan di Jalan Pattimura, Jakarta Selatan.

Didampingi para pengawal, SBY yang telah berusia 72 tahun masih gagah menyusuri di antara lautan manusia dan padatnya kendaraan di tengah kemacetan untuk sampai ke GBK.

Sejumlah warga yang melihat Presiden ke-6 RI itu jalan kaki di antara angkot dan kendaraan lainnya, sempat heran. Banyak warga menyapa dan bersalaman, Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini melayani masyarakat sambil tetap tersenyum.  Sekitar pukul 12.00 di tengah terik matahari, SBY tiba di GBK setelah berjalan kaki sekitar 5 kilometer.


GIBRAN NAIK MOTOR

Sekitar pukul 12.00 Stadion GBK sudah penuh sesak oleh pendukung Prabowo-Gibran. Sementara di luar stadion dan di jalan, massa pendukung begitu membludak. Ratusan ribu manusia memenuhi area GBK tempat berlangsungnya kampanye akbar.

Tak lama berselang, rombongan iring-iringan sepeda motor listrik yang ditumpangi sejumlah selebritis dan tokoh-tokoh muda masuk ke stadion. Mereka di antara adalah Marchel, Tarra Budiman, Akbar Rais dan lainnya.

Tak lama kemudian, pembawa acara, Raffi Ahmad dan Desta Mahendra kemudian mengumumkan kedatangan Gibran yang mengendarai sepeda motor listrik. "Kita sambut Mas Gibran Rakabuming Raka....," teriak Raffi dan Desta.

Calon Wakil Presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming lalu memasuki stadion mengendarai sepeda motor sport listrik dengan membonceng istrinya, Selvi Ananda. Seisi stadion pun heboh.

Raffi menjadi MC bersama Desta Mahendra dan Andre Taulany. Desta menyebutkan, kendaraan listrik adalah salah satu visi Prabowo yang akan berhemat energi dan mengurangi polusi.

Dari atas panggung, Gibran kemudian jongkok menyalami warga. Tak lama berselang Prabowo memasuki area pabggung utama disambut gemuruh seisi stadion diiringi musik lagu Maju Tak Gentar. Ketum Partai Gerindra ini juga sempat menyalami massa peserta kampanye dari atas panggung.

Sejumlah tokoh tampak mendampingi Prabowo di atas antara lain Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dan tokoh-tokoh lainnya.

PIDATO PRABOWO

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh semua hadirin. Lagu Indonesia Raya pun menggema di Stadion GBK. Acara dilanjutkan dengan membaca doa dipimpin oleh  Habib Ali bin Abdurrahman Al Habsy. Selanjutnya, inti acara yaitu pidato akbar dari Capres Prabowo Subianto.

Saat berpidato, Prabowo menyaksikan beberapa peserta jatuh pingsan hingga ia menghentikan orasinya. Prabowo pun meminta peserta untuk mencari tempat yang lebih aman. Ia juga sempat meminta maaf karena ia merasa terlambat memberikan konsumsi, terutama air. Karena tak mengira massa yang datang di area GBK mencapai sekitar 600 ribu orang.

Usai pidato politik Prabowo Subianto, pembawa acara berseru kepada hadirin untuk jangan lupa tanggal 14 mencoblos nomor urut 02. "14 Februari jangan lupa kita datang ke TPS coblos nomor duaaa. Prabowo Gibran satu putaran," teriak Raffy yang disahuti Desta.

DIHIBUR DEWA 19

Acara dilanjutkan dengan panggung hiburan yabg diisi oleh grup Dewa 19 dengan tampilan Ahmad Dhani yang memukau massa. Namun sebelum Ahmad Dhani tampil, MC berkali-kali meminta massa untuk turun dari panggung agar Dewa 19 bisa tampil.

'Yuk bis yuuk, nanti Ahmad Dhani ngambek lho," kata Raffi Ahmad. Setelah situasi tenang dan di panggung tak ada lagi massa, grup Dewa 19 bisa tampil menghibur.

Dewa 19 membawakan lagu-lagu hits mereka dari era 2000-an dinyanyikan Ari Lasso, Ello, dan Ahmad Dhani sendiri.
Lagu-lagu seperti "Separuh Nafasku", "Arjuna", hingga "Sedang Ingin Bercinta" membuat massa terhibur.

Acara kampanye akbar dan pesta rakyat ini selesai sekitar pukul 18.00. Massa membubarkan diri dengan tertib meninggalkan SGBK. (Bowo/Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook