Kampanye Akbar AMIN di JIS, Ini Kantong Parkir Kendaraan dan Rekayasa Lalu Lintas

By Indonesia Maritime News 09 Feb 2024, 17:59:15 WIB Politik
Kampanye Akbar AMIN di JIS, Ini Kantong Parkir Kendaraan dan Rekayasa Lalu Lintas

Keterangan Gambar : Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara. Foto: property of indonesiamaritimenews.com



Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Kampanye akbar paslon Presiden nomor urut 1, Anis Baswedan-Muhaimin Iskandar yang berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Sabtu (10/2/2024) dipastikan akan dipenuhi ratusan ribu orang.

Guna mencegah kemacetan lalu lintas, petugas sudah menyiapkan kantong-kantong parkir. Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan Lalu Lintas DKI Jakarta juga akan memberlakukan rekayasa lalu lintas serta menyiapkan kantong-kantong parkir.

Baca Lainnya :

Polisi telah menyiapkan tiga kantong parkir untuk menampung simpatisan pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan- Muhaimin Iskandar (AMIN) saat kampanye akbar di Jakarta Internasional Stadium (JIS), Sabtu, 10 Februari 2024. Salah satunya, di Ancol Karnaval.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman mengatakan pihaknya telah menyiapkan tiga kanyong parkir. "Pertama di Ancol Karnaval, kedua di samping Wisma Atlet, dan ketiga di JIexpo Kemayoran, " kata Latif Usman.

Kapasitas parkir di tiga lokasi tersebut bisa menampung total 10.450 kendaraan roda empat serta 20.000 kendaraan roda dua. Rinciannya: di parkiran Ancol Karnaval bisa menampung 1.200 kendaraan roda empat, di Wisma Atlet menampung 1.250 kendaraan roda empat, dan di JIexpo dapat menampung 8.000 kendaraan roda empat serta 20.000 sepeda motor.

Berikut rincian kantong-kantong parkir yang bisa digunakan:

PARKIR KHUSUS VIP ATAU VVIP

1. Parkir dalam stadion
2. Parkir Timur 1 JIS
3. Parkir Timur 2 JIS

PARKIR KENDARAAN UMUM

1. Ancol Karnaval
2. Samping Wisma Atlet
3. JIExpo Kemayoran
4. RSPI Sulianti Soeroso,
5. Rukan Nusantara,
6. Universitas 17 Agustus,
7. Graha YKI,
8. D'Arcici Hotel,
9. Parkir ITF, dan
10. Ruko Sunter Nirwana.

Sebanyak 230 personel Ditlantas Polda Metro Jaya diturunkan untuk mengatur lalu lintas di sekitar kawasan JIS. Rekayasa lalu lintas juga telah disiapkan,  namun sifatnya situasional yakni:
-Kendaraan dari Jalan RE Martadinara khusus kendaraan penghuni pemukiman dan pengunjung JIS, kendaraan lurus ke Bintang Mas;
-Kendaraan sumbu tiga atau lebih dari arah Polair belok kiri ke arah Jalan Enggano Raya;
-Kendaraan sumbu tiga atau lebih dari arah Jalan Yos Sudarso ke Pluit diputar balikkan di pertigaan terminal dan kembali ke Yos Sudarso;
-Kendaraan dari arah Tol Papanggo di pertigaan Papanggo khusus penghubung permukiman dan pengunjung JIS;
-Kendaraan di perempatan Bisma khusus penghuni permukiman dan pengunjung JIS;
-Kendaraan di perempatan Setivia khusus penghuni dan pengunjung JIS.

REKAYASA LALU LINTAS

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo, mengatakan rekayasa lalin di sekitar kawasan JIS, Jakarta Utara bakal diberlakukan mulai pukul 06.00 WIB. Seperti diketahui, kampanye akbar berlangsung mulai pukul 07.00 hingga pukul 12.00 WIB.

Dia mengatakan, akan dilakukan penutupan terbatas atau situasional pada ruas jalan yang bersinggungan dengan lokasi Kegiatan Kampanye Akbar di Jakarta International Stadium (JIS).

Adapun ruas jalan yang bakal direkayasa ialah Simpang Perlintasan bidang Kereta Api (KA), Jalan Sunter permai raya-Jalan RE. Martadinata, Simpang Jalan Sunter permai raya-Jalan Bisma Raya, serta Simpang Jalan Danau Sunter Barat-Jalan Danau Sunter Utara.

Sementara itu, bagi masyarakat yang menuju JIS dengan kendaraan pribadi dapat memarkir kendaraannya di luar area JIS, antara lain di RSPI Sulianti Soeroso, Universitas 17 Agustus, Graha YKI, D'Arcici, Ruko Sunter Nirwana, Ancol Karnaval, JIEXPO dan C3 Kemayoran.

Ia mengimbau para pengguna jalan menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang telah ditetapkan petugas. Dishub DKI Jakarta juga menyiapkan sejumlah rute alternatif yang dapat dilalui pengguna jalan selama kegiatan kampanye akbar berlangsung. Berikut rinciannya:
- Lalu lintas dari Arah Timur/Tanjung Priok menuju arah Selatan/Kemayoran melalui Jalan RE Martadinata-Kupingan Ancol-Jalan Benyamin Suaeb-dan seterusnya
- Lalu lintas dari arah Timur/Jalan Bisma menuju Barat/Kota melalui Jalan Sunter Permai-Jalan Danau Sunter Utara-Jalan Griya Utama- Jalan Benyamin Suaeb-Jalan Ancol Timur-putar balik-Jalan RE. Martadinata-dan seterusnya
- Lalu lintas dari arah Selatan/Jalan Danau Sunter Barat menuju Timur atau Tanjung Priok melalui Jalan Danau Sunter Utara-Jalan Yos Sudarso-dst atau menuju Barat/Kota melalui Jalan Griya Utama- Jalan Benyamin Suaeb-Jalan Ancol Timur-putar balik-JalanRE. Martadinata-dan seterusnya.

Masyarakat yang ingin mengikuti kampanye akbar AMIN di JIS, disarankan menggunakan angkutan umum seperti TransJakarta maupun Jaklinko guna menghindari kemacetan. Masyarakat juga diimbau menjaga ketertiban dan keamanan. (Bow/Oryza)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook