Harta Karun Kapal Tenggelam di Tidore, Dilirik Kementerian Kelautan dan Perikanan

By Indonesia Maritime News 28 Nov 2022, 08:10:03 WIB Maritim
Harta Karun Kapal Tenggelam di Tidore, Dilirik Kementerian Kelautan dan Perikanan

Keterangan Gambar : Harta karun di laut, atau barang muatan kapal tenggelam (BMKT) bisa dijadikan wisata bahari. Foto: KKP



Indonesiamaritimenews.com (IMN) JAKARTA:Benda Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) atau harta karun, punya daya tarik untuk dijadikan wisata bahari. Indonesia sendiri memiliki sekitar 700 titik kapal tenggelam yang menyimpan potensi wisata.

Karena itu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berkomitmen untuk meningkatkan pengelolaan wisata bahari lewat keberadaan BMKT baik secara in situ maupun ex situ. Salah satu lokasi BMKT yang dilirik dan terus didorong sebagai wisata bahari, berada di Tidore.

Baca Lainnya :

Hal tersebut diungkapkan oleh Miftahul Huda Direktur Jasa Kelautan, Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) saat membuka bimbingan teknis selam beberapa waktu lalu, dalam rangka menyemarakkan Sail Tidore 2022.

Huda menerangkan BMKT merupakan salah satu sumberdaya kelautan yang unik, bernilai sejarah dan sarat pengetahuan kemaritiman. Tercatat, potensi lokasi BMKT ada sekitar 700 titik kapal tenggelam yang tersebar di perairan Indonesia.

“Sesuai dengan kebijakan pengelolaannya, pemanfaatan BMKT dapat dilaksanakan secara in situ yaitu pada lokasi BMKT ditemukan dan dapat pula secara ex situ, artinya setelah diangkat dan dikelola di luar lokasi BMKT ditemukan,” jelas Huda, dikutip Senin (28/11/2022).

Pengelolaan BMKT secara in situ, menurut Huda selain dapat dilakukan melalui penetapan kawasan konservasi maritim, juga dijadikan sebagai atraksi wisata baharí berbasis kapal tenggelam/museum bawah air. Sementara ex situ dilaksanakan dengan mengangkat BMKT untuk keperluan pameran atau display.

 Hingga saat ini, dari 700 lokasi baru sekitar 20 persen yang telah teridentifikasi, 2 persen telah dieksplorasi dan sekitar 5 persen dimanfaatkan untuk wisata bawah air. Sedangkan untuk wisata bawah air, situs kapal tenggelam USAT Liberty di Tulamben, Bali dan MV Boelongan di Pesisir Selatan, Sumatera Barat merupakan potensi BMKT yang besar untuk dikelola secara berkelanjutan oleh masyarakat di sekitarnya. 

PERAIRAN TIDORE

Karenanya, guna memperkuat kapasitas masyarakat pengelola BMKT di sekitar perairan Tidore yang merupakan bagian dari jalur rempah nusantara, KKP juga memberikan bimbingan teknis penyelaman. Bimbingan teknis tersebut adalah pemantik bagi masyarakat Tidore agar ikut menjaga BMKT sebagai lokasi wisata bahari minat khusus. 

"Kita berikan pengetahuan kepada kelompok masyarakat, khususnya kelompok masyarakat penggiat konservasi, pegawai museum dan perwakilan daerah setempat dalam melakukan pengumpulan data, penanganan dan pengelolaan BMKT melalui kegiatan penyelaman,” ungkap Huda.

 Menurut Huda kendala yang dihadapi salah satunya kurangnya sumberdaya manusia yang memiliki pengetahuan dalam mengelola lokasi dan BMKT. Pihaknya juga berharap  berbagai kegiatan untuk meningkatan kapasitas masyarakat khususnya yang berada di lokasi potensi BMKT perlu dilaksanakan secara berkesinambungan oleh pemerintah. 

 “Saya berharap kelompok masyarakat mampu mengenali BMKT, mampu menerapkan teknik dasar pengumpulan data dan penanganan BMKT bawah air serta mampu memahami mekanisme pemanfaatan dan penataan BMKT, sehingga dalam jangka panjang tidak terjadi lagi pencurian dan perusakan lokasi BMKT di Tidore dan pemanfaatan lokasi BMKT sebagai lokasi selam berbasis kapal tenggelam dapat semakin berkembangan,” pungkasnya.

 Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Tidore Kepulauan Muhiddin Djafar menyambut baik pelatihan yang diselenggarakan KKP mengingat banyaknya potensi BMKT di perairan Tidore. Pihaknya juga memerlukan sumberdaya manusia yang memahami tentang hal-hal yang harus dilakukan apabila menemukan BMKT.

Sedangkan Kepala Museum Sonyine Malige Samsudiin Hajatudin mengungkapkan, di museum tersebut saat ini terpajang aneka BMKT. Harta karun itu berupa keramik seperti piring, mangkok, guci dan lainnya yang menurutnya hanya sebagian keci yang terdapat di perairan Tidore.

“Kami sangat menyambut baik inisiatif KKP menyelenggarakan pelatihan ini karena menambah pengetahuan tentang bagaimana BMKT ditemukan di bawah air dan bagaimana melakukan pendataan dari temuan tersebut,” tutupnya. 

DITEMUKAN SITUS

Penelitian yang dilakukan oleh Badan Riset dan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP), menunjukkan bahwa ditemukan 2 (dua) situs bawah air. Situs tersebut yakni di Tidore yaitu Soasio di kedalaman 10-20 meter, dan Tongowai pada kedalaman 38-42 meter. BMKT yang ditemukan berupa keramik Cina dari masa Dinasti Ming abad ke-16 Masehi, guci berbahan gerabah yang diduga diproduksi di Singburi, Thailand dan meriam Portugis yang diproduksi di Macao.

Pengenalan BMKT dan sejarah kemaritiman dilakukan sejalan dengan kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dalam mengelola sumber daya laut secara bijak. (Riz/Oryza)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook