Duka Mayangsari Ditinggal Ibunda Larasatun Menghadap Yang Kuasa

By Indonesia Maritime News 28 Sep 2022, 18:45:53 WIB Seni & Budaya
Duka Mayangsari Ditinggal Ibunda Larasatun Menghadap Yang Kuasa

Keterangan Gambar : Kenangan Mayangsari dan keluarga bersama ibunya. Foto:instagram


Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA : Mayangsari, penyanyi senior yang juga istri Bambang Trihatmodjo, tengah berduka. Mayang harus rela melepaskan ibunda tercinta, Larasatun menghadap ilahi.

Larasatun meninggal dunia dalam usia 76 tahun di kediamannya di Jalwn Kalibener Kelurahan Kranji, Purwokerto, Banyumas, pada Selasa 27 September 2022 sekitar pukul 16:15. Pesinden terkenal ini meninggalkan 1 putri dan 7 putri, 20 cucu dan 9 cicit. Keluarga menyebut, Larasatun meninggal dunia karena sakit yang sudah cukup lama.

Saat ibundanya tutup usia, Mayangsari dikabarkan tengah berada di Eropa. Pelantun lagu 'Harus Malam Ini' dan 'Tiada Lagi' itu langsung pulang ke Indonesia. Ibu satu putri ini tak bisa menyembunyikan rasa duka.

Baca Lainnya :

Jenazah Larasatun dikebumikan di TPU Tipar, Kelurahan Kranji, Purwokerto Timur, Rabu (28/9/2022) diiringi suasana haru. Mayangsari didampingi suaminya, Bambag Trihatmodjo tak henti mengusap air mata.

Sebagai catatan, Mayangsari adalah salah satu dari 7 putri pasangan Larasatun dan Ki Dalang Sugito Purbocarito. Darah seni Mayangsari mengalir deras dari ayahnya yang dikenal sebagai dalang kondang di Banyumas, dan ibunya yang juga pesinden terkenal.

Pada zamannya, Larasatun dikenal sebagai waranggono atau pesinden top julukan nama Nyi Woro Larasatun Cengkir Gading. Dia juga tercatat sebagai pegawai Dinas Pendidikan  Kabupaten Banyumas  Bagian Kebudayaan. 

Sugit Adji Sabdo Prijono, anak pertama Larasatun yang juga kakak kandung Mayangsari mengungkapkan, ibunya sosok yang sangat keras dalam mendidik 8 anaknya. Ibunya juga selalu memberi contoh teladan.

"Beliau adalah seniman jawa asal Banyumas. Sebagai sinden waranggono. Keras dalam mendidik dan memberikan keteladanan," kata Sugit kepada wartawan, Rabu (28/9/2022).

Diungkapkan Sigit, ibunya meninggal dunia akibat stroke yang dialaminya sejak tahun 2019 silam.( ORYZA)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment